BeritaGIIAS 2024Mitsubishi FusoMitsubishi Fuso eCanterNewsPT Krama Yudha Tiga Berlian MotorsRepost #carmudiTruk Listrik

Saluyu Jadi Karoseri Pertama yang Bikin Bodi Mitsubishi Fuso eCanter

Tangerang – Karoseri Saluyu sejauh ini menjadi satu-satunya bahkan yang pertama membuat bodi truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter.

Mitsubishi Fuso eCanter telah resmi meluncur di Indonesia tepatnya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di ICE BSD, Tangerang. Keran pemesanannya pun sudah dibuka.

Baca Juga: Mitsubishi Fuso Buka Peluang Pasarkan eCanter di Luar Jabodetabek

Karoseri eCanter

Mitsubishi Fuso eCanter Karoseri Saluyu (Foto: Santo/Carmudi)

Pada kesempatan yang sama PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia turut memajang beberapa unit eCanter hasil garapan karoseri ternama di Indonesia.

Adapun nama karoseri-nya, yaitu Saluyu. Karoseri yang salah satu cabangnya ada di Jakarta ini dipercaya oleh KTB untuk membuat bodi truk listrik tersebut.

“Karoseri yang saat ini bekerja sama oleh kami untuk membuat main bodi adalah Saluyu. Memang belum banyak karoseri yang kami ajak kerja sama untuk menginstal bodi di kendaraan listrik. Karena ini kendaraan listrik sangat berbeda dengan instal di bodi kendaraan konvensional,” ungkap Aji Jaya, Sales and Marketing Director KTB baru-baru ini di booth Mitsubishi Fuso GIIAS 2024.

Bayu Aprizal, General Manager of Product Strategy Unit KTB, menambahkan perlu ada perlakuan khusus dalam proses pembuatan bodi truk listrik sehingga karoseri yang hendak membangunnya perlu penyertifikatan terlebih dahulu.

Karoseri eCanter

Mitsubishi Fuso eCanter hadir di GIIAS 2024 (Foto: Santo/carmudi)

“Sejauh ini baru satu karoseri yang bekerja sama karena kami melakukan sertifikasi terhadap karoseri tersebut. Sebagai informasi saja, truk listrik agak sedikit berbeda dalam proses pembuatan bodi. Di truk listrik terdapat tegangan tinggi jadi memang kami harus berhati-hati dalam pengaplikasian bodi tersebut,” jelas Bayu.

Ke depannya, lanjut Bayu, pihaknya akan membuka kesempatan yang lebih lebar lagi bagi karoseri untuk membuat bodi eCanter.

“Kami terbuka mungkin tergantung juga kepada konsumen kami yang mungkin sudah bekerja sama dengan karoseri tertentu. Bisa juga kami ke depannya seiring dengan penjualannya yang bagus dengan demand yang lebih tinggi, ya karoseri jumlahnya akan bertambah,” terang dia.

Baca Juga: Mitsubishi Fuso Buka Keran Pemesanan eCanter, Harga Rahasia

eCanter Jabodetabek

Mitsubishi Fuso eCanter meluncur di GIIAS 2024 (Foto: Santo/Carmudi)

Karoseri yang sudah terbiasa membuat bodi truk sudah dipastikan bisa mengaplikasikannya ke eCanter juga. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah tegangan tinggi yang ada pada truk listrik.

“Sebenarnya semua karoseri bisa karena prosesnya di karoseri kalau hanya untuk rear bodi itu gambang sekali jadi tinggal menaruh saja karena sasis kami sudah kami pikirkan semudah mungkin membuat dudukan bodi dan segala macam. Cuma yang kami khawatirkan listrik, karena tinggi sekali tegangannya,” pungkas Bayu.

Mitsubishi Fuso eCanter tak cuma hadir menawarkan solusi transportasi yang ramah lingkungan, tapi juga memiliki kemampuan melindungi pengemudi dari risiko cedera saat kecelakaan. Sebab, truk satu ini telah dilengkapi dengan sejumlah fitur keselamatan yang umum ditemukan pada mobil.

Penulis: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

The post Saluyu Jadi Karoseri Pertama yang Bikin Bodi Mitsubishi Fuso eCanter first appeared on Carmudi Indonesia.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker