BeritaBerita otomotifHyundai Stargazer XMobilNewsRepost #carmudi

Roof Rail Stargazer X Tidak Bisa Dipakai, Hyundai Klaim Masih Ada Fungsinya

Yogyakarta — Meskipun Hyundai Stargazer X dilengkapi dengan roof rail, tapi tidak bisa digunakan sebagai penyangga beban.

Terdapat tulisan “Do Not Apply Load” atau “Jangan Memberikan Beban”.

Namun, Bonar Pakpahan selaku Product Expert PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) menerangkan bahwa roof rail tersebut masih ada fungsinya.

roof rail stargazer x

Roof rail Hyundai Stargazer X tidak bisa digunakan untuk menahan beban, diketahui dari tanda peringatan “Do Not Apply Load”. (Foto: Rizen/Carmudi)

“Terkait dengan roof rail yang ada di Stargazer X memang benar di situ tertulis ‘Do Not Apply Load’,” buka Bonar saat ditemui di sela test drive Hyundai Stargazer X di Yogyakarta, Selasa (29/8/2023).

Secara gamblang ia mengatakan bahwa roof rail pada Stargazer X hanya berfungsi sebagai aksesori pemanis saja tanpa memiliki fungsi sesungguhnya.

“Dalam artian itu memang hanya sebuah garnish untuk mempercantik atau memperindah bentuk overall secara keseluruhan,” tutur Bonar.

roof rail stargazer x

Hyundai Stargazer X saat test drive Solo—Yogyakarta. (Foto: Rizen/Carmudi)

Namun, Bonar juga menyampaikan bahwa tidak menutup kemungkinan ke depannya Hyundai akan melakukan penyempurnaan agar roof rail pada Low SUV bisa digunakan sebagaimana mestinya.

“Jadi memang tidak dirancang untuk menerima beban. Nah, apakah nanti kemudian bisa dilakukan sesuatu agar bisa menerima beban itu izinkan saya untuk get back to you,” katanya.

Konsumen yang berniat membawa barang di atap direkomendasikan untuk melepas roof rail bawaan terlebih dahulu dan diganti dengan keluaran aftermarket.

“Jadi kalau mau dipasang semacam roof rail atau semacam roof rack khusus itu harus dicopot terlebih dahulu,” lanjut Bonar menjelaskan.

Adanya komponen tersebut pada Hyundai Stargazer X dikatakan memang hanya sebagai aksesoris saja tanpa bisa membawa beban.

Di mobil lainnya, roof rail bawaan pabrik bisa dipadukan dengan cross bar untuk menjadi dudukan bagi roof box yang dipasang di bagian atap mobil.

Pada beberapa mobil SUV, komponen ini berfungsi menjadi penyangga.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

The post Roof Rail Stargazer X Tidak Bisa Dipakai, Hyundai Klaim Masih Ada Fungsinya first appeared on Carmudi Indonesia.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker