Bahan Bakar MinyakBeritaNewsRepost #carmudishell eco marathon

Ketika Satu Liter BBM Mampu Membawa Mobil Tempuh Ratusan Kilometer

Mandalika — Ternyata satu liter Bahan Bakar Minyak (BBM) cukup untuk membawa sebuah mobil menempuh jarak ratusan kilometer. Hal itulah yang terjadi di Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024.

Hasil tersebut memang bukan dicapai mobil sembarangan, melainkan kendaraan yang benar-benar didesain untuk irit BBM. Bentuk bodinya pun sudah tak lazim lagi guna mengejar aerodinamika terbaik.

Baca juga: Turun Lagi, Ini Harga BBM Pertamina, Shell, Vivo, dan BP Juli 2024

Ketika Satu Liter BBM Membawa Mobil Tempuh Ratusan Kilometer

Mobil milik ITS Team Sapuangin dari Universitas Teknologi Sepuluh Nopember. (Foto: Shell)

Contohnya mobil milik ITS Team Sapuangin dari Universitas Teknologi Sepuluh Nopember dalam ajang yang berlangsung di Sirkuit International Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Rabu—Sabtu (3—6/7/2024) ini.

ITS Team Sapuangin keluar sebagai juara kategori Urban Concept subkategori Internal Combustion Engine (ICE). Juara bertahan ini sukses memaksimalkan efisiensi kendaraannya hingga mengantongi hasil 481,9 km per liter.

Adapun, posisi kedua diisi Garuda UNY Eco Team dari Universitas Negeri Yogyakarta dengan catatan hasil 414,5 km per liter. Kemudian posisi ketiga Antawirya Gentayu dari Universitas Diponegoro dengan catatan hasil 362,5 km per liter.

Penggunaan Bahan Carbon Fiber

Tahun ini ITS Team Sapuangin mengaku melakukan beberapa perbaikan di bagian transmisi dan bodi kendaraan, seperti disampaikan Raihan Naufal Hafizh selaku Manajer Tim.

“Kami mengganti beberapa bagian kendaraan dari bahan metal menjadi carbon fiber untuk mengurangi berat kendaraan. Kami juga membuat sistem telemetri untuk memantau kondisi dan perkembangan kendaraan kami,” ungkapnya.

Shell Eco-marathon itu sendiri merupakan ajang yang mengajak mahasiswa dan pelajar berkompetisi menciptakan mobil hemat energi. Bukan hanya ICE, tapi ada beberapa jenis energi lainnya yang bisa digunakan, misalnya listrik dan hidrogen.

Bengawan Team UNS

Mobil tim Bengawan Team UNS dari Universitas Sebelas Maret. (Foto: Shell)

Selain kategori Urban Concept, hasil di kategori Prototype juga tak kalah “ajaib”. Dengan kendaraan berbentuk kapsul, Bengawan Team UNS dari Universitas Sebelas Maret sukses menjadi yang terbaik dengan hasil 983,3 km per liter.

Baca juga: 5 Tips Modifikasi Motor Matic Biar Lebih Irit BBM

Penulis: Mada Prastya
Editor: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

The post Ketika Satu Liter BBM Mampu Membawa Mobil Tempuh Ratusan Kilometer first appeared on Carmudi Indonesia.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker