BeritamotorNewsRepost #carmudiTips dan Trik

Tips Mengendarai Motor Saat Lewat Jalan Sempit

Mengendarai motor di jalan lebar bisa dikatakan sangat mudah, beda halnya jika mengendarainya lewat jalan atau gang sempit.

Melewati jalan sempit kerap dilakukan oleh pengendara motor, hal itu didukung oleh bentuk dan ukuran motor yang ringkas.

Jalan sempit biasanya memiliki ruang terbatas dengan berbagai rintangan yang mesti dihadapi. Butuh pemahaman khusus bagi si pengedara agar bisa melalui jalan sempit dengan aman.

Mengendarai Motor

Tips berkendara motor di jalan sempit (Foto: Yamaha)

Yamaha Riding Academy Jawa Tengah, dalam keterangan resminya baru-baru ini memberikan beberapa tips aman mengendarai motor di jalan sempit.

Kenali Lebar Motor

Sebelum berkendara tidak ada salahnya untuk mengenali lebar motor. Ini akan membantu ketika sewaktu-waktu hendak melalui jalan sempit, apakah memungkinkan untuk terus berjalan atau tidak.

Berkendara pada Kecepatan Rendah

Mengendarai motor di jalan sempit sebaiknya dengan kecepatan rendah supaya mudah menghentikan motor jika diperlukan. Gunakan rem belakang apabila harus berkendara dengan kecepatan rendah untuk membantu keseimbangan motor saat berkendara.

Jangan mengemudikan motor dalam kecepatan tinggi di jalan sempit karena bisa berisiko kehilangan kendali dan mempersulit manuver. Salah sedikit saja dalam bermanuver bisa-bisa menabrak benda diam yang ada di pinggir jalan.

Perhatikan Pejalan Kaki

Bila berpapasan dengan pejalan kaki sebaiknya turunkan kecepatan atau berhenti untuk memberikan jalan terlebih dahulu. Jangan lupa untuk memberikan jarak kepada pejalan kaki supaya bisa lewat.

Jaga Jarak

Selalu jaga jarak dengan kendaraan yang berada di depan supaya memiliki cukup waktu untuk bereaksi jika terjadi pengereman mendadak.

Perhatikan Trafik

Meskipun lewat jalan sempit, tetap perhatikan lalu lintas sekitar. Pastikan untuk melihat ke kiri dan kanan sebelum melanjutkan atau keluar dari jalan. Tetap waspada terhadap kemungkinan kendaraan lain yang bisa muncul tiba-tiba.

Berbelok Secara Hati-hati

Jika hendak berbelok pastikan untuk melakukannya dengan hati-hati. Posisikan tangan dan bahu rileks dalam memegang stang motor pastikan kaki masuk ke dalam dek motor.

Apabila menggunakan motor sport, posisikan kaki menghimpit tangki motor dengan rapat.

Jangan lupa juga untuk menyalakan lampu sein.

Tenang dan Sabar

Saat melewati jalan sempit sebaiknya tetap tenang dan sabar. Hindari memutar gas berlebihan agar tidak menimbulkan suara yang bising.

The post Tips Mengendarai Motor Saat Lewat Jalan Sempit first appeared on Carmudi Indonesia.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker