BeritaBerita otomotifMitsubishi XForceMobilNewsRepost #carmudi

Wet Mode di Mitsubishi XForce Punya Pengaruh Besar di Handling

Karawang — Mitsubishi XForce dibekali dengan 4 mode berkendara, salah satunya adalah Wet yang ternyata punya pengaruh sangat besar terhadap handling.

Siapa sangka, mode Wet yang ada di SUV compact Mitsubishi ini mampu membuat handling mobil menjadi lebih terarah di jalanan licin.

Hal tersebut diungkapkan oleh Masahiro Tamura, Product Appeal Evaluation Department Mitsubishi Motors di Karawang, Jawa Barat, Rabu (6/9/2023).

Ia menjelaskan jika Wet mode yang ada di Mitsubishi XForce akan membuat kendaraan jauh lebih mudah dijinakkan di jalan basah.

wet mode mitsubishi xforce

“Jika memakai mode Normal, kendaraan akan bisa dengan mudah kehilangan grip saat di jalan licin. Tapi dengan Wet mode, kontrol dan grip akan jauh lebih baik,” ujarnya di sela first drive Mitsubishi XForce di proving ground Bridgestone, Rabu (6/9/2023).

Kami pun mencoba merasakan fitur tersebut dengan menjadi penumpang ketika dikemudikan oleh Rifat Sungkar, pembalap Mitsubishi.

Rifat dengan lugas mengendarai mobil melewati rintangan roundabout (trek melingkar) yang sudah dibasahi dengan air.

Di trek tersebut, mobil dikendarai menggunakan mode Normal terlebih dahulu untuk merasakan perbedaan handling.

Memasuki kecepatan 60 km/jam pada mode Normal mobil beberapa kali sempat terpeleset akibat kehilangan grip ketika menikung tajam.

wet mode mitsubishi xforce

Namun, saat Wet mode digunakan, Mitsubishi XForce bisa dengan mudah melewati jalan licin tanpa harus kehilangan grip ketika bermanuver tajam.

“Jadi terasa banget kalau Wet mode ini berpengaruh besar kepada handling. Di mode Normal, mobil banyak ngebuang ke arah luar. Tapi Wet mode ini bisa bantu nahan,” ujarnya.

Ia menjelaskan ketika Wet mode diaktifkan, maka ECU juga akan membuat respons gas melambat walaupun pedal gas diinjak agak dalam.

Active YAW Control serta Traction Control juga fokus kepada roda yang dirasa membutuhkan bantuan traksi lebih banyak.

Perbedaan ini juga kami rasakan ketika melewati area slalom yang juga turut dibasahi dengan genangan air.

wet mode mitsubishi xforce

Ketika menggunakan Wet mode mobil dengan mudah mampu melakukan manuver zig-zag tanpa harus takut tergelincir di kecepatan 50-60 km/jam.

Rifat pun beberapa kali mempraktikkan perbedaan handling antara Normal dan Wet mode di XForce ini.

Bagian pengereman juga akan memberikan bantuan pada roda yang sedang selip serta membatasi tenaga mesin pada roda penggerak.

Seperti yang sempat disebut di atas, Mitsubishi XForce dibekali 4 mode berkendara yang terdiri dari Normal, Wet, Gravel, dan Mud.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

The post Wet Mode di Mitsubishi XForce Punya Pengaruh Besar di Handling first appeared on Carmudi Indonesia.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker