Beritamobil listrikNewsPT Toyota Astra MotorrecallRepost #carmuditoyotaToyota bZ4X

Toyota bZ4X di Indonesia Kena Recall Masalah MID

Jakarta — Mobil listrik berbasis baterai Toyota bZ4X produksi Maret 2022—Juni 2023 yang dijual di Indonesia terkena recall atau penarikan kembali untuk menjalani pemrograman ulang Electronic Control Unit (ECU).

Dirangkum dari keterangan resmi yang disebarluaskan, Jumat (26/1/2024), PT Toyota Astra Motor (TAM) menyampaikan masalah yang ada sekarang bisa mengakibatkan Multi Information Display (MID) menjadi blank atau kosong.

Baca juga: Kurang Teliti, Toyota Recall Lagi Corolla Cross Akibat Masalah Airbag

Recall Toyota bZ4X di Indonesia

Deretan Toyota bZ4X terparkir di kantor Kementerian Perindustrian Republik Indonesia yang berada di Jakarta. Mobil listrik bZ4X untuk pasar Indonesia mengalami recall untuk perbaikan software. (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

“Kami akan melakukan pemeriksaan beserta reprogramming dalam bentuk software update pada Electronic Control Unit (ECU) pengendali Combination Meter yang berfungsi menampilkan seluruh informasi penting kendaraan dalam bentuk Multi Information Display (MID)” kata Henry Tanoto Vice President Director TAM.

Untuk diketahui, data yang ditampilkan pada MID juga dikirimkan ke Data Communication Module (DCM). 

Dijelaskan, DCM juga berkomunikasi dengan ECU untuk memeriksa status kendaraan dalam jangka waktu tertentu setelah kunci kontak dimatikan.

Jika komunikasi antara DCM dan ECU terjadi pada saat ECU tengah menjalani proses tertentu maka ada kemungkinan ECU tidak dapat menyelesaikan proses yang dikerjakannya.

Ketika situasi itu terjadi, tampilan MID akan menjadi blank atau kosong yang kemudian tidak menampilkan tanda atau indikator tertentu.

Artinya indikator-indikator penting, seperti lampu pun penunjuk arah, hazard, dan Pre-Collision System dari sistem Toyota Safety Sense 3.0 juga dinonaktifkan.

Dalam kondisi seperti itu kendaraan berpotensi tidak memenuhi persyaratan tertentu terkait aspek safety.

Tidak Ada Penggantian Komponen

TAM memastikan dalam proses recall ini hanya akan dilakukan pengecekan software yang memerlukan waktu paling lama dua jam.

Tanpa perlu adanya penggantian komponen apapun.

Launching Toyota bZ4X

(Foto: Carmudi/Dimas)

Baca juga: Toyota Ungkap Alasan Harga bZ4X di Atas Rp1 Miliar

Pelanggan disarankan melakukan booking service terlebih dahulu agar diler dapat mempersiapkan stall dan teknisi.

“Pelanggan bisa menghubungi jaringan dealer resmi Toyota terdekat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” ujar Anton.

Selain itu, bisa juga melalui situs web resmi Toyota Indonesia atau via Toyota Customer Care yang beroperasi 24 jam pada nomor telepon 1-500-315.

Adapun, bZ4X itu sendiri merupakan mobil listrik Toyota dengan harga jual Rp1,190 miliar dan diklaim memiliki jarak tempuh maksimal 500 km.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

The post Toyota bZ4X di Indonesia Kena Recall Masalah MID first appeared on Carmudi Indonesia.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker