BeritahyundaiHyundai Instermobil listrikNewsPT Hyundai Motors IndonesiaRepost #carmudi

Hyundai Lakukan Studi Sebelum Hadirkan Inster ke Indonesia

Mobil listrik Hyundai Inster berpeluang hadir di Indonesia. Ada beberapa pertimbangan yang saat ini tengah dijajaki oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID).

Inster merupakan mobil listrik berukuran mungil yang dimiliki oleh Hyundai saat ini. Mobil tanpa emisi tersebut pertama kali diperkenalkan oleh Hyundai Motor Company pada 27 Juni tahun ini.

Baca Juga: Hyundai Inster Tampil Perdana ke Muka Publik, Masuk Indonesia?

Hyundai Inster Indonesia

Hyundai Inster meluncur di Korea Selatan pada Juni 2024 (Foto: Hyundai)

Seremoni perkenalannya dilakukan bersamaan dengan ajang Busan International Mobility Show 2024 di Busan, Korea Selatan.

Sebagai tahap awal, pemasaran Hyundai Inster akan difokuskan di Korea Selatan. Kemudian pemasarannya akan diperlebar ke sejumlah negara, seperti Eropa, Timur Tengah, dan Asia Pasifik.

Indonesia termasuk di dalam kawasan Asia Pasifik. Lantas apakah Hyundai Inster juga bakal di jual di Indonesia dalam waktu yang akan datang?

Terkait hal tersebut, Fransiscus Soerjopranoto Chief Operating Officer (COO) HMID mengatakan saat ini pihaknya belum bisa memutuskan apakah Hyundai Inster akan dijual di Indonesia atau tidak. Namun, dirinya tidak menampik bahwa mobil tersebut tengah dalam pantauan pihaknya.

Hyundai Inster Indonesia

Bagian belakang Hyundai Inster (Foto: Hyundai)

“Inster kami lagi studi. Kami enggak bisa bilang enggak dan enggak bisa enggak bilang iya (diluncurkan). Kalau memang itu memungkinkan pasarnya bisa terima, ya kenapa tidak (dihadirkan),” ungkap pria yang akrab di sapa Soerjo itu di Jakarta baru-baru ini.

Dirinya menambahkan, setiap model mobil yang diperkenalkan secara global besar kemungkinan akan dipasarkan di banyak negara. Tetapi kembali lagi tergantung dari permintaan atau minat konsumen di suatu negara terhadap model mobil tersebut.

“Inster kan baru diperkenalkan belum lama ini. Semua produk yang diperkenalkan di global itu punya kemungkinan masuk Indonesia apalagi jika memiliki setir kanan. Tapi apakah serta merta itu harus dibawa ke Indonesia? Tergantung market Indonesia butuh atau enggak,” jelas Soerjo.

“Terus volume (penjualan), kalau volume-nya menarik tentunya lebih bagus dirakit lokal dengan skema Completely Knocked Down (CKD). Nah itu yang kami bilang dengan studi. Belum tentu Inster masuk, tapi kami juga tertarik untuk masukan Inster, tergantung dari nanti pasarnya,” sambung dia.

Baca Juga: Potensi Hyundai Inster Masuk Indonesia Tergantung Suara Konsumen

Hyundai Inster Indonesia

Hyundai Inster berpeluang dijual di Indonesia (Foto: Hyundai)

Saat ini HMID memang tengah menaruh perhatian pada mobil listrik dengan daya jelajah jauh dan memiliki kemampuan menampung hingga tujuh penumpang. Namun, Soerjo kembali menegaskan peluang Hyundai Inster hadir di Indonesia tetap ada.

“Arah kami sebetulnya bukan Inster-nya, yang kami lagi mengarah itu produk sekarang. Kami sudah punya range-nya Kona sampai Ioniq 5 N. Nah, kami punya kemampuan untuk bikin produk di atasnya Ioniq 5 N Rp1,3 miliar, kami juga bisa buat di bawah Rp500 juta karena kemampuan pabrik baterai lokal,” terang dia.

“Kalau mau bicara 7-seater, 5-seater kami masih punya kemampuan untuk bikin itu. Bahkan kami sudah pernah perlihatkan waktu di IIMS. Itu salah satu mock up atau concept car yang 7-seater. Jadi ditunggu aja, (Inster) berpeluang,” pungkasnya.

Hyundai Inster Indonesia

Hyundai Inster mendukung pengisian daya cepat (Foto: Hyundai)

Mengenal Singkat Hyundai Inster

Mobil listrik Hyundai Inster memiliki desain eksterior yang futuristik dan interior lapang dalam balutan bodi Sport Utility Vehicle (SUV) kompak.

Inster dibekali dengan fitur dan teknologi canggih yang dapat membantu menghadirkan sensasi berkendara yang aman dan halus kepada penggunanya.

Eksterior Hyundai Inster

Mobil perkotaan ini memiliki desain eksterior yang diwariskan dari Casper, kendaraan bermesin bensin yang hanya dijual di Korea Selatan sejak 2021.

Walaupun desainnya mirip Casper, tapi dimensi Inster diperluas sehingga memosisikannya tepat di antara mobil perkotaan sub kompak segmen A dan model kompak segmen B yang lebih besar.

Baca Juga: Kupas Spesifikasi Baterai Mobil Listrik Mungil Hyundai Inster

Hyundai Casper

Hyundai Casper di Hyundai Motorstudio Goyang (Foto: Santo/Carmudi)

Dimensi kompak Inster membuatnya ideal untuk berkendara di kota dan meningkatkan kenyamanan saat parkir.

Desain eksteriornya mengusung nuansa SUV dengan spatbor yang kokoh, bumper bergaya circuit board, dan bold skid plate sebagai penyempurna desain belakang dan depan mobil.

Bagian depan mobil tersemat lampu senja LED yang membulat dan grafis piksel pada lampu sein, serta belakang.

Pilihan warna eksterior terdiri dari Atlas White, Tomboy Khaki, Bijarim Khaki Matte, Sienna Orange Metallic, Aero Silver Matte, Dusk Blue Matte, Buttercream Yellow Pearl, dan Abyss Black Pearl.

Beberapa warna eksterior tersedia dalam two-tone dengan warna atap hitam.

Hyundai Inster Indonesia

Interior Hyundai Inster (Foto: Hyundai)

Interior

Di bagian interior, Inster menyediakan teknologi dan kenyamanan yang ditingkatkan dengan Instrument cluster 10,25 inci, head unit layar sentuh 10,25 inci dengan navigasi, dan wireless charging di konsol tengah.

Tema piksel diulang di bagian dalam, dengan grafis pada lingkar kemudi. Desain interior juga dilengkapi hiasan trim pintu atas yang dapat disesuaikan untuk lebih mempersonalisasi kendaraan.

Interior mobil menawarkan fleksibilitas dan kelapangan dengan semua jok dapat dilipat rata. Jok baris kedua bisa dibagi 50/50 dan dapat digeser serta direbahkan.

Hyundai menawarkan warna interior meliputi Black, dan Khaki Brown serta Newtro Beige.

Baca Juga: Sebentar Lagi Hyundai Bakal Luncurkan Mobil Hybrid di Indonesia

Hyundai Inster Indonesia

Konsol tengah Hyundai Inster (Foto: Hyundai)

Baik eksterior maupun interior mobil menggunakan material yang ramah lingkungan.

Daya Jelajah Maksimal

Sumber energi utama dari mobil berdimensi panjang 3.825 mm ini berasal dari baterai berkapasitas 42 kWh untuk Inster tipe standar dan 49 kWh di tipe Long-Range. Masing-masing memiliki kemampuan jelajah maksimal 300 km dan 355 km menurut metode pengujian WLTP.

Kedua model tersebut ditenagai oleh motor listrik tunggal yang menghasilkan 71,1 kW (97 ps) pada tipe Standar dan 84,5 kW (115 ps) pada tipe Long-Range. Kedua versi menawarkan torsi 147 Nm.

Hyundai Inster Indonesia

Jok Hyundai Inster dapat dilipat dan direbahkan (Foto: Hyundai)

Fitur-Fitur

Inster menawarkan sejumlah fitur canggih yang mampu membuat pengalaman berkendara menjadi lebih menyenangkan.

Adapun fitur-fiturnya, antara lain Vehicle-to-Load (V2L), 64-color LED ambient lighting, digital cluster, sunroof, Hyundai Digital Key 2 Touch (NFC), dan Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Spesifikasi Mobil Listrik Hyundai Inster

Dimensions (mm)

Length: 3.825 Wheelbase: 2.580. Width:1.610 Height: 1.575
Head room (mm)

Front: 1.028 (Sunroof: 987) / Rear: 982

Leg room (mm)

Front: 1.050 / Rear: 885
Luggage space (VDA)

280 liters (up to 351 liters witd sliding rear seats)

Max tire size

205/45 R17
Wheel options

17-inch alloy, 15-inch alloy, 15-inch steel witd wheel covers

Battery

Standard: 42 kWh / Long-Range: 49 kWh
Voltage

Standard: 266 V / Long-Range: 310 V

Max power

Standard: 71.1 kW and 97 PS / Long-Range: 84.5 kW and 115 PS
Max speed

Standard: 140 km/h / Long-Range: 150 km/h

Acceleration 0-100 km/h

Standard: 11.7 second

/ Long-Range: 10.6 second

Projected max driving range (WLTP)

Exceeding 300 km (Standard Range)

Target 355 km (Long-Range witd 15-inch wheels)

Projected consumption

15.3 kWh/ 100 km (witd 15-inch wheels)

AC OBC

11 kW (std)

AC charging time (at OBC power)

Standard: 4 hours (16A)

Long-Range: 4 hours 35 minutes (16A)

10-80% fast charging

30 mins (botd models, under optimal conditions when using High-Power Chargers (DC witd a minimum output of 120 kW)

ADAS features

Surround View Monitor (SVM), Parking Collision-Avoidance Assist Rear (PCA-R), Blind-spot View Monitor (BVM), Forward Collision-Avoidance Assist 1.5 (FCA 1.5), Lane Keeping Assist (LKA) and Lane Following Assist (LFA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Safe Exit Warning (SEW), Smart Cruise Control (SCC)w/ Stop and Go, Highway Driving Assist 1.5 (HDA 1.5), Intelligent Speed Limit Assist (ISLA), Driver Attention Warning (DAW), High Beam Assist (HBA), Leading Vehicle Departure Alert (LVDA) and Rear Occupant Alert (ROA), Parking Distance Warning (PDW) Front and Rear. Rear View Monitor (RVM).

Exterior colors

Atlas White, Tomboy Khaki, Bijarim Khaki Matte, Unbleached Ivory, Sienna Orange Metallic, Aero Silver Matte, Dusk Blue Matte, Abyss Black Pearl, and Buttercream Yellow Pearl
Interior colors

Black, and Khaki Brown and Newtro Beige two-tone witd full clotd trim

Penulis: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

The post Hyundai Lakukan Studi Sebelum Hadirkan Inster ke Indonesia first appeared on Carmudi Indonesia.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker