BeritaBYDBYD E-Valimobil listrikmobil listrik bydNewsRepost #carmudi

BYD E-Vali Meluncur, Blind Van Listrik dengan Jarak Tempuh 250 Km

Hanover — BYD meramaikan segmen mobil komersial ringan tenaga listrik dengan menghadirkan blind van E-Vali. Jarak tempuh maksimalnya disebut-sebut tembus 250 km.

BYD untuk pertama kalinya memperkenalkan E-Vali dalam gelaran IAA Transportation 2024 pada 17—22 September lalu yang berlangsung di Hanover, Jerman.

BYD E-Vali Meluncur, Blind Vand Listrik dengan Jarak Temuh 250 Km

Tampilan blind van listrik BYD E-Vali yang pertama kali diperkenalkan di Eropa. (Foto: BYD)

Mobil ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar Eropa khususnya bidang logistik. E-Vali diharapkan bisa menjadi pilihan armada untuk jenis pengantaran last-mile.

E-Vali tentunya menggunakan teknologi Blade Battery dan dilengkapi dengan sistem bantuan berkendara terkini, Advanced Driver Assistance System (ADAS) .

Baca juga: Keunggulan Blade Battery Milik BYD, Lebih Tipis Hingga Anti Terbakar

Fitur ADAS-nya terdiri dari fungsi Adaptive Cruise Control, Forward Collision Warning, Automatic Emergency Braking, Blind Spot Detection, dan Hill Hold Control.

Interior kabin E-Vali juga memiliki teknologi canggih walau termasuk mobil komersial. Tampak penggunaan head unit layar lebar yang disebut sudah mendukung Apple Carplay dan Android Auto.

Kemudian dasbornya terintegrasi dengan wireless charger ditambah adanya fitur voice control.

Interior BYD E-Vali

(Foto: BYD)

Kapasitas Angkut

Wujud E-Vali itu sendiri tampak memiliki atap yang posisinya agak tinggi. Hal ini tentunya sebagai upaya menghadirkan ruang kargo yang luas.

E-Vali punya kapasitas ruang kargo mencapai 17,9 meter kubik. Varian 4,25 ton bisa mengangkut muatan dengan beban hingga 1.450 kg. 

Adapun dimensi bodinya memiliki panjang 6.995 mm, lebar 2.096 mm, tinggi 2.780 mm, dan wheelbase 4.550 mm.

Selain itu, BYD juga menyediakan varian yang lebih kecil, 3,5 ton. Dimensi bodinya jelas lebih mungil dengan panjang 5.995 mm, lebar 2.096, tinggi 2.780 mm, dan wheelbase 3.865 mm.

Kargo BYD E-Vali

(Foto: BYD)

Urusan jarak tempuh, E-Vali dilengkapi baterai 80,64 kWh yang diperkirakan memiliki jarak tempuh maksimal antara 220—250 km (WLTP). Tersedia kemampuan fast charging yang diklaim hanya butuh waktu 30 menit untuk pengisian 10—80 persen.

Dalam gelaran yang sama BYD juga memamerkan beberapa model truk yang dimilikinya, seperti ETM8, ETM6, dan E-Vali.

BYD bukan pemain baru di kategori ini. BYD dikabarkan telah menjual sebanyak 110 ribu unit mobil komersial secara global hingga Juni 2024.

Angka itu termasuk 30 ribu truk energi baru dan kendaraan khusus.

Baca juga: BYD Xia Siap Tantang Toyota Alphard, Pakai Teknologi Plug-in Hybrid

Penulis: Mada Prastya
Editor: Santo Sirait

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker