Baterai LFP 6CBaterai mobil listrikBeritageneral motorsGMNewsRepost #carmudiSAIC

Gandeng CATL, GM Kembangkan Baterai LFP 6C Pertama di China

Hong Kong – SAIC-General Motors (GM) pada Rabu (25/9/2024) menerbitkan dokumen yang menyatakan akan menjalin kerja sama dengan CATL untuk mengembangkan baterai lithium iron phosphate (LFP) 6C pertama di China.

Dikutip dari Car News China, Jumat (27/9/2024), gebrakan ini dilatar belakangi oleh penjualan GM di China yang terus mengalami penurunan sangat dalam dan hal ini berdampak pada mitra usaha patungan SAIC.

baterai gm 6c

Sebagian masalah bagi GM ini dinilai berasal dari kurangnya daya saing terhadap merek lokal yang menawarkan new energy vehicle (NEV) yang saat ini tumbuh dengan masif.

Untuk menyiasati hal tersebut, SAIC-GM mencoba mengembangkan baterai LFP 6C yang menawarkan pengisian daya ultra cepat dengan pengisian daya selama 5 menit akan menghasilkan jarak tempuh 200 km.

Menariknya, baterai yang dikembangkan ini masih menggunakan LFP yang mana baterai ini tidak hanya murah dari segi produksi dibanding NMC, namun juga diklaim lebih aman.

Baca juga: Wuling akan Produksi Lokal Baterai, Harga Mobil Listrik Jadi Lebih Murah?

Tujuan GM mengembangkan baterai LFP 6C di China adalah untuk mengalahkan teknologi baterai golden brick milik Zeekr.

Baterai milik Zeekr tersebut dinilai memiliki pengisian ultra cepat 5,5C yang memungkinkan baterai terisi dari 10 persen ke 80 persen dalam waktu 10,5 menit.

GM mengatakan jika baterai baru ini nantinya akan menggabungkan teknologi pengisian cepat tingkat atom baru di bidang baterai.

baterai gm 6c

Ini termasuk fitur-fitur baru, seperti teknologi katoda jaringan super-elektronik, teknologi generasi kedua cincin ion grafit, formulasi elektrolit konduktivitas tinggi, hingga film isolasi porositas tinggi yang dioptimalkan.

Teknologi cincin ion grafit generasi kedua ini nantinya akan dipadukan dengan pelat berlapis multigradien untuk menciptakan jalur utama konduksi arus.

Nantinya arus tersebut secara signifikan akan mengurangi waktu pengisian daya baterai dan juga pengosongan daya.

Baca juga: CATL Kenalkan Baterai Tectrans, Masa Pakai Sampai 2,8 Juta Kilometer

Sementara material lithium iron phosphate berukuran nano sepenuhnya akan membangun jaringan ultra-elektronik empat arah. Klaimnya mampu meningkatkan efisiensi reaksi elektrokimia yang dapat meningkatkan efisiensi pengisian daya sambil menjaga stabilitas baterai.

Baterai baru GM dengan CATL ini kemungkinan akan hadir dalam model baru dan diprediksi akan disematkan pada model Buick Electra-L atau Electra LT yang belum lama ini dipamerkan di Beijing Auto Show.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Santo Sirait

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker