BeritaMobil BaruNewsPT Plaza Auto MegaRepost #carmudiSubaruSubaru BRZSubaru BRZ 2025

Ini Ragam Penyempurnaan Subaru BRZ Model 2025 yang Baru Meluncur di Sportstival

PT Plaza Auto Mega Agen Pemegang Merek (APM) Subaru di Indonesia meluncurkan BRZ terbaru model 2025. Terdapat sejumlah penyempurnaan yang dialami oleh Subaru BRZ terbaru.

Subaru BRZ model 2025 baru saja meluncur pada, Kamis, (24/10/2024). Seremoni peluncurannya dilakukan bersamaan dengan gelaran Sportstival: Subaru Sports Car Festival, di The Forum Atrium, Mall Kelapa Gading 3, Jakarta Timur.

Baca Juga: Subaru Crosstrek Hybrid akan Meluncur dalam Hitungan Bulan

Subaru BRZ Model 2025

Ismail Ashlan, GM Marketing & PR Subaru Indonesia, Arie Christopher, CEO Subaru Indonesia, dan Ziko Harnadi, Drifter Subaru Garasi Drift Team (Foto: Santo/Carmudi)

Mobil yang bermain di segmen sports coupe ini hadir dengan beragam penyempurnaan yang tidak biasa, bukan di sektor eksterior melainkan di dalam mobil atau lebih tepatnya di bagian teknis.

Penyempurnaan teknis yang dilakukan oleh Subaru merupakan hasil riset dari kejuaraan Super Taikyu (Japanese Endurance Race). Pada kejuaran tersebut, Subaru menurunkan BRZ dengan nomor bodi 61 yang dikendarai oleh Takuto Iguchi dan Hideki Yamauchi.

Dengan adanya penyempurnaan teknis yang dialami oleh mobil asal Jepang tersebut menawarkan pengalaman berkendara menjadi lebih menyenangkan dan nyaman.

Subaru BRZ Model 2025

Tampilan depan Subaru BRZ MY 2025 (Foto: Santo/Carmudi)

“Subaru BRZ terbaru hadir dengan peningkatan yang signifikan, termasuk handling yang lebih nyaman untuk penggunaan sehari-hari, namun semakin sporty untuk track-day,” ungkap Arie Christopher, CEO Subaru Indonesia, di acara peluncuran.

Penyempurnaan Teknis pada Subaru BRZ 2025

Sebelum jauh membahas mengenai apa saja yang beda dan baru di BRZ baru model 2025, ketahui dahulu tiga konsep utamanya.

Ismail Ashlan, GM Marketing & PR Subaru Indonesia pada kesempatan yang sama menjelaskan konsep utamanya adalah Subaru BRZ 2025 ini memiliki konsep sebuah kendaraan sports coupe dua pintu yang enak di pakai harian jadi semakin nyaman di pakai harian tapi semakin tajam juga untuk track day.

“Kenapa bisa padahal itu konsep yang kontradiktif. Hal tersebut dapat terjadi karena fine tuning dilakukan melalui tiga point utama,” kata Ismail.

Tampilan samping Subaru BRZ terbaru (Foto: Santo/Carmudi)

Dirinya menerangkan, point pertama adalah peningkatan kinerja stabilitas berkendara, kedua sport mode, penambahan mode sport, dan rentang kecepatan mesin lebih lebar.

Melalui dasar dari tiga point tersebut, tercipta penyempurnaan teknis yang diaplikasikan ke BRZ 2025. Berikut ini uraian singkatnya:

Peningkatan Kinerja Stabilitas Berkendara

Dalam hal ini, Subaru BRZ model 2025 mendapatkan pengembangan teknis pada Electronic Power Steering (EPS).

EPS baru ini lebih lembut pada putaran mesin rendah dan lebih responsif pada kecepatan tinggi.

Baca Juga: Menjelajahi Keunggulan Symmetrical All-Wheel Drive dan X-MODE Subaru

Tampilan belakang Subaru BRZ model year 2025 (Foto: Santo/Carmudi)

“Merubah EPS bisa merubah kenikmatan berkendara. Ketika kecepatan rendah power steering enteng jadi pengemudi sangat nyaman ketika berkendara di dalam kota. Ketika melakukan U-Trun atau putar balik kadang-kadang enggak seru kalau punya mobil sport saat mau U-turn atau parkir berat. Nah, mobil ini akan membaca ketika RPM rendah atau kecepatan rendah power steering di buat lembut dan sangat mudah di kontrol,” terang Ismail.

“Jadi power steeringnya bikin setir ringan. Tapi, mobil ini akan membaca ketika kecepatan tinggi dia akan road feedback kembali di satu banding satu. Kami maunya road feedback ya betul-betul presisi, jadi ketika sedikit saja setir dibelokkan ke kiri, mobil akan langsung belok kiri. Nah, itu akan terbaca pada EPS ketika RPM naik,” sambungnya.

Hal tersebut, sudah dikalibrasi ketika Subaru bersama tim Super Taikyu melakukan riset.

Subaru BRZ Model 2025

Interior Subaru BRZ 2025 (Foto: Santo/Carmudi)

“Jadi bagaimana teknologi dari arena balap diaplikasikan ke mobil produksi massal,” terangnya.

Selain EPS, Subaru juga melakukan optimalisasi peredam di model mobil terbarunya itu dengan membenamkan suspensi baru.

Suspensi barunya telah di sempurnakan agar lebih responsif dan menyesuaikan berbagai kondisi jalan.

“Jadi shock absorber-nya diganti dengan pengendalian yang lebih baik melalui fine tuning di Rebound-nya. Rebound-nya dibuat lebih empuk ketika kecepatan rendah terutama ketika kena speed bump, jadi lebih cepat turun.Tetapi saat kecepatan tinggi compression dan spring rate-nya di buat lebih baik,” tutur dia.

“Jadi gas dan per-nya di fine tuning lebih baik lagi lagi-lagi bersama tim Super Taikyu,” lanjutnya.

Penambahan Mode Sport

Menyamakan dengan Subaru BRZ dengan transmisi otomatis kini versi transmisi manual juga mendapat mode sport.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Subaru BRZ Terbaru 2024: Cek Detail Kecanggihannya!

Mode Sport (Foto: Santo/Carmudi)

Penambahan mode sport pada BRZ varian manual untuk respons torsi yang lebih instan. Hal ini memungkinkan pengemudi merasakan respons throttle lebih tajam, torsi yang hadir lebih cepat (mulai di 2.500 rpm).

“Sebelumnya sport mode hanya ada di varian otomatis kenapa? Karena varian dengan transmisi otomatis RPM-nya dijaga biar enggak mengalami gejala ‘endut-endutan’. Kalau manual kan pengendara yang bisa jaga, melalui pedal gas dan kopling. Nah, dengan ada sport mode power band-nya di buat sedikit lebih cepat naiknya,” jelas Ismail.

Penggunaan mode sport tak hanya membuat torsi yang meningkat, tapi juga display instrument cluster, dan suara mesin/kenalpot atau active sound control ikut berubah.

Active sound control menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih memacu adrenalin, lebih mendebarkan, dan membuat sensasi berkendara semakin seru.

Subaru BRZ Model 2025

Sispensi baru (Foto: Santo/Carmudi)

Rentang Kecepatan Mesin Lebih Lebar

Tidak hanya di BRZ 2025 versi manual saja, di versi transmisi otomatis juga mendapatkan penyempurnaan.

Letak penyempurnaannya ada pada rentang kecepatan mesin yang lebih lebar saat downshift. Ini memungkinkan manuver lebih cepat di tikungan.

Rentang kecepatan mesin yang diizinkan saat downshift manual pada versi transmisi otomatis telah diperluas di BRZ model baru, sehingga meningkatkan kesenangan dalam mengendalikan kendaraan saat berkendara sporty.

Subaru BRZ Model 2025

Subaru BRZ model 2025 (Foto: Santo/Carmudi)

Pada model sebelumnya, batas atas kecepatan mesin diatur untuk melindungi transmisi, namun beberapa pelanggan menginginkan kecepatan mesin yang lebih tinggi di gigi rendah. Pada BRZ 2025, sistem kontrol kini mempertimbangkan niat pengemudi berdasarkan kondisi kendaraan, seperti sudut pedal gas/rem dan perlambatan, untuk menentukan batas kecepatan mesin yang diizinkan.

Hal ini memungkinkan pengemudi untuk lebih mengendalikan mobil sesuai keinginan mereka, sekaligus menikmati suara sporty saat menurunkan gigi.

“Lima penyempurnaan tadi tentu akan membuat BRZ 2025 menjadi sport coupe yang paling menarik di segmennya. Tidak hanya secara model tapi juga secara value dengan harga yang kami tawarkan sangat menarik di bawah Rp900 juta,” pungkas Ismail.

Baca Juga: Forester Sumbang Penjualan Terbesar Ketiga Subaru di Indonesia, Setelah BRZ dan Crosstrek

Subaru BRZ Model 2025

Tampilan depan Subaru BRZ MY 2025 (Foto: Santo/Carmudi)

Harga Subaru BRZ Model 2025

Meski telah mengalami penyempurnaan teknis, Subaru tidak melakukan penyesuaian harga artinya bandeol untuk satu unitnya masih sama seperti model terdahulu.

Berikut daftar harga BRZ model year 2025 baik itu yang dibekali transmisi manual atau otomatis.

  • BRZ M/T Rp885 juta
  • BRZ A/T Rp895 juta (On the road Jakarta).

Subaru menjanjikan konsumen yang melakukan pemesanan BRZ model 2025 akan menerima unit paling cepat akhir Oktober 2014 ini.

Plaza Auto Mega menggelar Sportstival Subaru Sports Car Festival mulai dari 24 hingga 27 Oktober 2024 (Foto: Subaru Indonesia)

Penawaran Spesial Sportstival

Plaza Auto Mega menggelar Sportstival: Subaru Sports Car Festival mulai dari 24 hingga 27 Oktober.

Dalam gelaran tersebut pengunjung tidak cuma bisa melihat secara langsung model terbaru dari BRZ, tapi juga bisa lebih mendekat ke model Subaru lainnya, WRX Sedan, WRX Wagon, Crosstrek, Forester, dan Outback. Tak cuma itu, ada juga BRZIKO versi 2 yang digunakan BRZ yang digunakan oleh Subaru Garasi Drift Team.

Subaru WRX (Foto: Santo/Carmudi)

Selama gelaran berlangsung, Subaru turut menghadirkan penawaran menarik bagi konsumen. Berikut ini detail penawaran yang diberikan:

  • Trip ke Tokyo Autosalon 2025 untuk 2 orang
  • Upgrade Racing Rims senilai Rp. 35.000.000 untuk Subaru WRX
  • Performance Accessories senilai Rp. 10.000.000 untuk Subaru BRZ
  • Cashback Voucher Rp. 10.000.000
  • Trade-in support dan appraisal on-site
  • Goodie bag untuk setiap test drive.

Baca Juga: Tak Lagi Lama, STNK Mobil Subaru akan Terbit Kurang dari 3 Bulan

BRZIKO versi 2 yang digunakan BRZ yang digunakan oleh Subaru Garasi Drift Team (Foto: Santo/Carmudi)

Syarat dan ketentuan tentu berlaku untuk penawaran tersebut.

Semua kendaraan Subaru yang dipasarkan melalui Plaza Subaru dilengkapi garansi resmi 5 tahun/180.000 km, servis gratis 3 tahun/30.000 km, serta layanan Subaru Roadside Assistance (SRA) 24/7 selama 5 tahun.

Penulis: Santo Sirait

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker