BeritaDFSKGIIAS 2023mobil listrikNewsRepost #carmudiSeresSeres E1

Seres E1 Diproduksi Akhir Agustus, Kapan Konsumen Terima Unit?

Tangerang – Seres E1 mulai diproduksi akhir Agustus 2023 setelah resmi diluncurkan ke publik Indonesia baru-baru ini.

Seres E1 pertama kali diperkenalkan ke publik pada Mei lalu bersamaan dengan Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023. Pada saat yang bersamaan, keran pemesanan untuk mobil listrik tersebut sudah dibuka, walaupun harganya belum resmi dirilis.

Di bulan berikutnya mobil listrik berukuran mungil ini terlihat mejeng di Jakarta Fair 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Seres E1 Diproduksi

Harga Seres E1 diumumkan di GIIAS 2023 dan akan diproduksi lokal (Foto: Santo/Carmudi)

Kemudian muncul kembali di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Penampilannya di pameran otomotif tahunan itu lebih spesial karena PT Sokonindo Automobile selaku Agen Pemegang Merek (APM) DFSK dan Seres, meluncurkan sekaligus mengumumkan harga resminya.

Harga Seres E1 itu sendiri Rp189 juta untuk Type B dan Rp219 juta On The Road (OTR) Jakarta untuk Type L.

Produk pertama Seres untuk pasar Indonesia itu akan diproduksi secara lokal di pabrik milik Sokonindo Automobile yang berada di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten berdampingan dengan produksi mobil DFSK.

“Produksi akhir Agustus. September mulai dikirim ke Konsumen,” ungkap Marketing Head Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi di sela-sela GIIAS 2023, di Tangerang.

Spesifikasi Seres E1

Seres E1 Type B (Foto: Santo/Carmudi)

Komponen Lokal Seres E1

Proses produksi Seres E1 akan menggunakan skema Completely Knock Down (CKD). Sejauh ini, belum ada komponen lokal yang melekat di E1. Namun, ke depan perusahaan berencana untuk menggunakan komponen lokal khusus mobil listrik yang saat ini sudah banyak yang membuatnya.

“Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) masih dalam proses karena ada beberapa part yang mau kami lokalisasi jadi biar sekalian proses,” terang Achmad Rofiqi.

Mengenai jumlah komponen lokal yang nantinya akan dipakai, dirinya belum dapat mengungkapkannya sekarang. Namun, niat perusahaan untuk menggunakan komponen lokal tetap ada demi mengikuti syarat yang telah ditentukan oleh pemerintah, yakni di atas 40 persen agar dapat insentif atau diskon Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

“Kita lihat nanti prosesnya seperti apa karena kami enggak bisa tentukan dapat atau tidak,” terang dia.

Seres E1 Diproduksi

Interior Seres E1 (Foto: Santo/Carmudi)

“Setidaknya, kami bisa mengimbangi dengan apa yang diminta pemerintah, karena memang sudah cukup banyak juga pabrikan yang membuat part untuk kendaraan listrik di Indonesia,” sambungnya.

Seres E1 akan dijual bersamaan dengan produk DFSK dalam satu diler. Namun, untuk sementara hanya diler-diler DFSK tertentu saja yang nantinya memasarkan E1. Utamanya diler DFSK yang berada di kota-kota besar.

Penulis: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

The post Seres E1 Diproduksi Akhir Agustus, Kapan Konsumen Terima Unit? first appeared on Carmudi Indonesia.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker