Asean NCAPBeritaNewsRepost #carmuditoyotaToyota Vios 2023Uji TabrakVios

Toyota Vios 2023 Jalani Uji Tabrak, Ini Hasilnya

Kajang – Toyota Vios model 2023 baru saja menjalani uji tabrak yang dilakukan oleh lembaga independen pengujian mobil-mobil baru yang beredar di Asia Tenggara atau New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP). Hasilnya sangat membanggakan.

Dilansir dari situs web resmi ASEAN NCAP, Selasa (12/9/2023) Toyota Vios yang menjalani uji tabrak adalah generasi keempat varian G yang dibuat dan dijual untuk pasar Malaysia.

Uji Tabrak Toyota Vios 2023

Uji Tabrak Toyota Vios 2023 (Foto: ASEAN NCAP)

Setelah melalui proses penilaian yang cukup panjang, ASEAN NCAP menetapkan bahwa Vios 2023 mendapatkan peringkat bintang lima dengan skor 78,70 poin. Peringkat tersebut juga berlaku untuk varian Vios lainnya buatan Thailand untuk pasar Brunei Darussalam, Indonesia, Laos, dan Kamboja.

Angka tersebut diperoleh berdasarkan akumulasi dari empat penilaian kategori.

Pada kategori perlindungan terhadap penumpang dewasa atau Adult Occupant Protection (AOP), Vios memperoleh skor 35,25 poin dan 16.64 poin untuk kategori perlindungan terhadap penumpang anak-anak atau Child Occupant Protection (COP).

Sedangkan pada kategori Safety Assist (SA) Vios 2023 mendapat 16.08 poin dan 10.73 point untuk kategori keselamatan pengguna sepeda motor atau Motorcyclist Safety (MS).

Keberhasilan Toyota Vios generasi keempat meraih rating tingkat tertinggi dalam uji tabrak ASEAN NCAP salah satunya dipengaruhi oleh keberadaan fitur-fitur keselamatan dan keamanan yang sudah tersemat di sedan tersebut.

Uji Tabrak Toyota Vios 2023

Uji Tabrak Vios (Foto: ASEAN NCAP)

Adapun fitur-fiturnya seperti, 6 airbag, Electronic Stability Control (ESC), Anti-lock Braking System (ABS), Seatbelt Reminder System (SBR) untuk penumpang kursi depan dan belakang serta teknologi Pedestrian Protection sebagai perlengkapan standar di semua variannya.

Selain itu, terdapat pula sejumlah teknologi safety assist yang tersedia pada Vios baru, baik sebagai perlengkapan standar maupun opsional, terdiri dari Autonomous Emergency Braking (AEB) City, AEB Inter-Urban, AEB Pedestrian, Lane Departure Warning (LDW), Forward Collision Warning ( FCW), Lane Keep Assist (LKA), Blind Spot Detection (BSD) di kedua sisi kendaraan dan Auto High Beam (AHB).

Vios merupakan model entry level dari Toyota dan saat ini merupakan salah satu model paling populer di Asia Tenggara.

ASEAN NCAP pertama kali menguji Toyota Vios pada 2012 dan model tersebut memperoleh rating bintang 4 dengan total skor 13.61 poin. Kemudian melakukan penilaian kedua terhadap sedan model 2018 berdasarkan protokol penilaian 2017-2020. Vios 2018 dianugerahi rating bintang 5 dengan skor keseluruhan sebesar 18,41 poin.

all new vios hybrid

Sebagai informasi, Toyota Vios model 2023 dirilis di Indonesia pada Oktober 2022 setelah meluncur lebih dahulu di Thailand pada Agustus.

Sedan ini dibangun di atas platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA)

Saat ini, Vios tersedia dalam dua varian, yakni 1.5 G CVT Rp363,2 juta dan 1.5 G TSS CVT Rp376,4 juta On The Road Jakarta.

Penulis: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

The post Toyota Vios 2023 Jalani Uji Tabrak, Ini Hasilnya first appeared on Carmudi Indonesia.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker