BeritaNewsoliOli Mesinoli motorRepost #carmudiSepeda motorTips dan Trik

Catat, Ini Manfaat Ganti Oli Motor Secara Rutin

Jakarta – Sudah menjadi kewajiban bagi pemilik motor untuk rutin ganti oli mesin. Ada beragam manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh pemilik motor bila melakukannya secara rutin.

Oli atau pelumas merupakan salah satu cairan penting untuk mendukung kinerja mesin motor agar bekerja optimal. Berkat adanya oli, mesin motor akan terlumasi dengan baik sehingga dapat meminimalisir gesekan-gesekan yang terjadi antar komponen-komponen dalam mesin.

Ganti Oli Motor

(Foto: Energy Technologies)

Baca Juga: Pilihan Oli Motor Matic untuk Jarak Jauh

Sama seperti cairan lain di motor, oli juga memiliki batas waktu penggunaan dan harus diganti bila sudah waktunya. Jika tidak diganti secara rutin dan terus dipaksa memakai oli yang sudah lama, maka kinerja mesin motor akan terganggu.

Umumnya oli motor diganti setiap 2.000-4.000 kilometer atau sekira 2-4 bulan, tergantung penggunaan, kondisi jalan yang sering dilewati, dan rekomendasi dari pabrikan.

“Pada beberapa kondisi, masih dijumpai pemilik sepeda motor yang abai dalam melakukan pergantian oli secara rutin sesuai buku petunjuk manual servis yang dikeluarkan oleh pabrikan. Hal ini kemudian berimbas pada performa motor yang menjadi tidak optimal sehingga mengganggu kenyamanan mereka pada saat berkendara,” ungkap Agung Budi Raharja, General Manager Part Operation Division, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, dalam keterangan resminya baru-baru ini.

“Berkaca dari kondisi tersebut, Yamaha membagikan informasi perihal manfaat dari penggantian oli secara rutin, agar pengguna sepeda motor dapat lebih teredukasi dan bijak dalam merawat kendaraannya,” sambungnya.

Ganti oli motor

Servis Yamaha (Foto: YIMM)

Dijelaskan Agung, setidaknya ada tiga manfaat yang didapat jika ganti oli mesin motor secara rutin. Berikut ini manfaatnya.

Suhu Mesin Terjaga

Rutin ganti oli motor bisa membuat suhu mesin terus terjaga. Pasalnya, oli memiliki fungsi melumasi komponen di dalam mesin yang bisa mengurangi suhu panas berlebih akibat gaya gesek saat mesin sedang bekerja.

Jarang atau sama sekali tidak pernah ganti oli motor berisiko membuat volume oli di dalam mesin berkurang, tekstur menjadi encer, dan oli lama menjadi kotor pekat.

Jika terus dibiarkan dapat membuat kerja mesin tidak maksimal, timbul suara kasar dan kemungkinan besar mesin bisa overheat, sehingga tarikan motor menjadi tidak bertenaga.

Komponen Mesin Lebih Awet

Komponen mesin lebih awet jika pengguna motor selalu rutin melakukan pergantian oli. Sebab, mesin yang terlumasi oleh oli secara maksimal dapat mencegah komponen-komponen cepat aus, melindunginya dari korosif atau karat dan membersihkan ruang mesin dari serpihan-serpihan kotoran saat mesin bekerja.

Ilustrasi ganti oli motor

Ilustrasi ganti oli (Foto: Ride Apart)

Dengan begitu secara otomatis biaya servis akan semakin ringan dan mesin terhindar dari kerusakan berat.

Baca Juga: Motor Matic Pakai Oli Manual, Memang Bisa?

Hemat Bahan Bakar

Manfaat ganti oli secara rutin selanjutnya, yaitu performa mesin tetap dalam keadaan baik, konsumsi bahan bakar akan lebih irit, serta emisi karbon yang dihasilkan motor lebih rendah.

Selain harus rutin ganti oli, pemilik motor juga wajib menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi kendaraannya atau mengikuti anjuran dari pabrikan.

Penulis: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

The post Catat, Ini Manfaat Ganti Oli Motor Secara Rutin first appeared on Carmudi Indonesia.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker