BeritahyundaiHyundai PalisadeMobil BaruNewsRepost #carmudiWulingWuling Binguo EV

Tiga Mobil Baru yang Meluncur di Indonesia pada Desember 2023 (Part 2)

Pada Desember 2023 pasar otomotif di Tanah Air kembali kedatangan mobil baru. Jumlah model mobil yang meluncur hanya tiga saja.

Tiga mobil baru yang meluncur sepanjang Desember 2023 tidak semuanya mobil konvensional berbasis bahan bakar fosil alias bensin atau solar. Ada juga model yang mengusung teknologi listrik murni.

Satu dari tiga model mobil baru periode Desember 2023 telah diuraikan secara singkat di artikel sebelumnya.

Mobil Baru Desember 2023

Wuling dan Neta sama-sama memberikan garansi seumur hidup (Foto: Wuling)

Sebagai lanjutan berikut ini daftar mobil baru yang meluncur sepanjang Desember 2023 beserta harganya.

Wuling Binguo EV

Wuling Motors menutup 2023 dengan meluncurkan mobil listrik terbaru mereka setelah Air EV, yakni Binguo EV.

Sebelum resmi diluncurkan pada 15 Desember, Wuling Binguo EV sudah lebih dahulu diperkenalkan ke publik Indonesia pada pertengahan November.

Saat diperkenalkan, Wuling secara resmi membuka keran pemesanan meski harga pastinya belum diumumkan.

Kendati harga belum ada tapi tak menyurutkan konsumen untuk melakukan pemesanan.

Berdasarkan data yang dibeberkan oleh Wuling, mereka berhasil mengumpulkan 3 ribu Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) hanya dalam waktu satu bulan sejak diperkenalkan.

Mobil Baru Desember 2023

Wuling Binguo EV (Foto: Santo/Carmudi)

Barulah di pertengahan Desember, pabrikan mobil asal China itu secara resmi meluncurkan Binguo EV sekaligus mengumumkan harga.

Di saat yang bersamaan, spesifikasi detail dari mobil tersebut dibuka.

Baca Juga: Kaleidoskop 2023: Puluhan Mobil Baru Meluncur Sepanjang Tahun

Binguo EV hadir dengan desain yang ikonik menggabungkan estetika retro klasik dan sentuhan modern yang memukau.

Pada bagian depan di eksterior terpasang rumah lampu utama dengan desain yang membukal mengikuti bentuk bodi mobil. Lampunya sudah menggunakan LED yang mampu menghasilkan cahaya lebih terang dan hemat energi.

Masih di bagian depan, Wuling menyematkan gril berkonsep Diamond Shaped Grille.

Pindah ke bagian samping mobil, bodinya tampak unik mengaplikasikan desain yang terinspirasi gerakan air sedang mengalir (flowing water). Peleknya berukuran 15 inci dengan ban 185/60 R15. Sistem pengeremannya menggunakan cakram di roda depan dan belakang.

Angka Pemesanan Wuling Binguo EV

Interior Wuling Binguo EV bernuansa cokelat dan putih (Foto: Santo/Carmudi)

Bergeser ke bagian belakang tersemat X-Shaped LED Tail Lights dan Streamline Ducktail yang memberikan sentuhan modern serta futuristik.

Binguo EV memiliki panjang 3.950 mm, lebar 1.708 mm dan tinggi 1.580 mm serta jarak antara sumbu roda depan dan belakang 2.560 mm.

Pilihan warna eksteriornya ada lima, terdiri dari Milk Tea, Mousse Green dan Galaxy Blue. Khusus Milk Tea dan Mousse mendapat warna interior Brown and White.

Masuk ke interior nuansa berkelas dan nyaman begitu terasa pada hatchback listrik ini. Hal ini terpancar dari material soft synthetic leather yang tersemat di beberapa bagian mobil seperti jok, dasbor, dan dinding pintu.

Tentunya kehadiran material tersebut tidak cuma membuat tampilan interior jadi lebih menarik, tapi juga memberikan rasa nyaman bagi pengemudi maupun penumpang.

Demi menambah sentuhan modern dan futuristik, pada interior dihadirkan 10.25 inci TFT Dual Screen yang berdiri di atas dasbor berkonsep Floating Island.

Lifetime Core EV Components

Tampilan belakang Binguo EV (Foto: Santo/Carmudi)

Tidak hanya itu, kehadiran trims and ceramic glaze texture di beberapa bagian interior menunjukkan perhatian terhadap detail dan kualitas, menciptakan atmosfer yang elegan dan menyenangkan di setiap perjalanan.

Di interiornya juga terdapat 15 kompartemen yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk menyimpan barang bawaan yang berukuran kecil. Sedangkan barang dengan dimensi yang cukup besar bisa diletakkan di bagasi belakang dengan daya tampung 310 liter, bila jok di baris kedua dilipat bertambah jadi 790 liter.

Beragam fitur pendukung untuk pengalaman berkendara yang menyenangkan juga tersedia di interior Binguo EV, seperti Smart Entry & Smart Start, Multifunction Steering Wheel yang dibalut Syntenthic Leather, 6-way Electric Adjustable Driver Seat, Cruise Control, Rear Parking Sensor and Camera, Electric Parking Brake, 4 Speakers, hingga Distinctive Rotary Gear Selector.

Mobil ini juga telah dilengkapi dengan serangkaian fitur keselamatan, mulai dari Electric Parking Brake, Auto Vehicle Holding, Electronic Stability Control, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Isofix dan 2 SRS Airbag.

Bicara soal performa, mobil yang tersedia dalam dua varian ini dibekali baterai tipe Lithium Ferro-Phosphate (LFP) yang telah mengantongi sertifikat IP67 sehingga sudah teruji tahan terhadap air dan debu.

Mobil Baru Desember 2023

Wuling BinguoEV mendukung kenyamanan berkendara dengan bagasi yang luas (Foto: Wuling)

Baterainya memiliki kapasitas 31.9 kWh untuk Binguo EV varian Long Range, sedangkan Binguo EV varian Premium Range punya kapasitas lebih besar, yakni 37.9 kWh.

Perbedaan kapasitas baterai di kedua varian menunjukkan jarak tempuh maksimal yang bisa dicapai tidak sama.

Binguo EV varian Long Range punya daya jelajah maksimal 333 km dalam satu kali pengecasan baterai sampai penuh. Sementara varian satunya lagi bisa berjelajah hingga 410 km.

Kedua varian sama-sama memperoleh motor listrik yang dikawinkan dengan transmisi Single Reduction Gear. Tenaga yang dikeluarkannya mencapai 50 kW atau sekira 67 hp.

Kendati tenaga yang dikeluarkan sama, tapi torsi puncak dari masing-masing varian berbeda. Varian Long Range torsinya sebesar 150 Nm dan varian Premium Range memiliki torsi lebih kecil, yaitu 125 Nm.

Terdapat pula empat mode berkendara yang mengubah performa mobil jadi ECO, ECO+, Sport, dan Normal. Keberadaan mode kendaraan ini menjadikan perjalanan semakin nyaman.

Spesifikasi Wuling Binguo EV

Lampu depan Binguo EV

Harga Wuling Binguo EV

Wuling Binguo EV varian Long Range dan Premium Range punya banderol yang berbeda. Paling murah di angka Rp300 jutaan.

Lebih lengkapnya berikut harga On The Road (OTR) Jakarta Wuling Binguo EV seperti dikutip dari situs web resmi Wuling Indonesia per Januari 2024

  • Binguo EV Long Range Rp358 juta
  • Binguo EV Premium Range Rp408 juta.

Hyundai New Palisade

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) meluncurkan versi penyegaran dari Palisade. Kedatangan Palisade versi baru sebagai penutup rangkaian mobil baru yang meluncur sepanjang 2023 di Indonesia.

Mobil Baru Desember 2023

Hyundai New Palisade. (Foto: HMID)

Mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) premium ini meluncur tanpa seremonial pada 22 Desember.

Ubahan yang didapat pada Palisade terbaru tidaklah banyak, salah satunya penambahan sistem navigasi terbaru pada fitur Hyundai Bluelink.

Sistem navigasi terbaru ini ditambahkan untuk semakin melengkapi teknologi konektivitas Hyundai Bluelink yang sudah ada sebelumnya.

Melalui sistem navigasi terbaru memungkinkan pengguna New Palisade dapat memanfaatkan fitur Search Nearby untuk bisa mengetahui point of interest (POI), meliputi Nearby Eat & Drink, Nearby Filling Station, dan Nearby Multiplex.

Pengguna juga bisa mengakses Connected Routing yang dapat menuntun Anda menuju lokasi tujuan, lengkap dengan perkiraan kondisi lalu lintas dan waktu tiba.

Kemudian ada juga fitur Last Mile Navigation dan Previous Destinations.

Masing-masing punya fungsi berbeda, fitur yang pertama akan mengirimkan panduan navigasi lanjutan dari tempat parkir ke lokasi tujuan Anda melalui smartphone. Sedangkan fitur yang kedua akan memberikan pengguna informasi seputar lokasi yang sempat dikunjungi sebelumnya.

New Palisade

Fitur New Palisade. (Foto: HMID)

Selain itu, di Hyundai Bluelink yang ada pada New Palisade terdapat View Around My Vehicle yang memungkinkan pengguna dapat mengambil gambar di sekitar kendaraan menggunakan kamera 360 melalui smartphone.

Baca Juga: Daftar Mobil Baru Toyota yang Meluncur Sepanjang 2023 (Part 1)

Harga Hyundai New Palisade

Hyundai New Palisade dengan tambahan fitur pada Hyundai Bluelink dibanderol mulai dari Rp800 jutaan hingga Rp1 miliar.

Berikut harga lengkapnya yang berlaku untuk wilayah DKI Jakarta (OTR Jakarta).

  • Palisade Prime Rp885,5 juta
  • Palisade Signature 2WD Rp1,022,5 miliar
  • Palisade Signature AWD Rp1,157,5 miliar.
SUV Hyundai Palisade

Tampilan dasbor dan jok bagian depan Hyundai Palisade. (Foto: Hyundai)

New Palisade tersedia dalam sejumlah varian warna eksterior, meliputi Creamy White Pearl, Moonlight Blue Pearl, Graphite Gray Metallic, Abyss Black Pearl, dan Shimmering Silvering Metallic.

Terdapat pula tiga pilihan warna interior, yaitu Black Monotone, Black & Burgundy, serta Navy & Warm Grey.

Penulis: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

The post Tiga Mobil Baru yang Meluncur di Indonesia pada Desember 2023 (Part 2) first appeared on Carmudi Indonesia.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker