BeritaMenteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmitamodifikasi mobilModifikatorNewsRepost #carmudi

Modifikator Mesti Ikut Dukung Upaya Tekan Emisi Gas Buang Kendaraan

Jakarta — Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang meminta modifikator otomotif turut membantu upaya mengurangi emisi gas buang.

Hal tersebut sejalan dengan komitmen Indonesia yang berusaha mencapai net zero emission pada 2060 mendatang.

imx series jakarta

Mobil listrik Tesla yang sudah dimodifikasi.

Agus menyampaikan hal itu, Rabu (24/1/2024) siang dalam konferensi pers Indonesia Modification and Lifestyle Expo (IMX) 2024 di Jakarta.

“Kami juga men-challenge para pelaku, para modifikator untuk membantu Indonesia menurunkan emisi. Jadi kita coba engine yang dipakai oleh teman-teman modifikator itu lebih ramah lingkungan,” katanya.

Dirinya memang tidak menyebut hal itu berarti modifikator mesti beralih ke kendaraan elektrifikasi.

Namun, perlu memerhatikan mesin yang digunakan pada kendaraan-kendaraan modifikasi agar tetap ramah terhadap lingkungan.

Baca juga: Cartens Pamer Hasil Modifikasi Audio Mobil Listrik Kia EV6

Wuling Air EV Polisi

(Foto: Wuling)

Dalam kesempatan yang sama Agus juga meminta para modifikator tidak mengabaikan aspek keselamatan dan keamanan dalam melakukan ubahan kendaraan.

Menurutnya, pada saat ini Indonesia sudah memiliki peraturan yang bisa menjadi pedoman dalam melakukan modifikasi atau kustomisasi.

Regulasi tersebut ialah Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 45 Tahun 2023 tentang Kustomisasi Kendaraan Bermotor.

“Ini telah menjadi dasar hukum bagi para modifikator untuk melakukan kustomisasi dengan tidak mengurangi keselamatan dan keamanan,” ujar Agus.

Munculnya peraturan itu dinilai sebagai salah satu bukti bahwa modifikasi atau kustomisasi kendaraan bermotor merupakan industri yang besar.

“Ini merupakan industri yang sangat besar dan oleh sebab itu harus ada regulasi. Dan regulasi itu bukan untuk mempersulit, justru bisa membantu mengakselerasi industri otomotif berbasis modifikasi,” terangnya.

Baca juga: Raffi Ahmad, Andre Taulany, dan Selebriti Lain Adu Modif Mobil di IMX 2022

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang

Baru-baru ini Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang meminta modifikator turut membantu upaya mengurangi emisi gas buang (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Pesta Modifikasi Kembali Digelar 2024

Untuk diketahui, ajang IMX 2024 itu sendiri bakal digelar pada 4—6 Oktober mendatang di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang.

Namun, sebelumnya bakal ada serangkaian event pemanasan, salah satunya keberangkatan tim IMX ke Osaka Auto Messe di Jepang pada 10—12 Februari 2024.

Untuk itu, IMX telah menyiapkan mobil modifikasi Mitsubishi Evo 9 hasil garapan modifikator Indonesia untuk diterbangkan ke sana.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

The post Modifikator Mesti Ikut Dukung Upaya Tekan Emisi Gas Buang Kendaraan first appeared on Carmudi Indonesia.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker