BeritaBerita otomotifevMobilmobil listrikNewsRepost #carmudiVinFast

Daftar Harga Mobil Listrik VinFast dan Biaya Sewa Baterainya

VinFast menawarkan mobil listrik dengan daftar harga relatif murah, tapi menggunakan skema sewa baterai yang biayanya dibayar setiap bulan.

VinFast adalah pemain baru di industri mobil listrik Indonesia yang perjalanannya dimulai pada 2024. Merek asal Vietnam ini pertama kali memperkenalkan dirinya dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) bulan Februari.

Baca juga: Hadir di IIMS 2024, Vinfast Konfirmasi Terapkan Sistem Sewa Baterai di Indonesia

Harga VinFast VF 5

Harga VinFast VF 5 mulai Rp200 jutaan (Foto: VinFast)

Merek ini memamerkan cukup banyak model kendaraan dalam pameran mobil baru itu. Namun, menurut catatan, hingga saat ini baru ada dua mobil yang sudah jelas akan dijual di Indonesia, yaitu VF 5 dan VF e34.

Selain soal harga jualnya, masih ada hal lagi yang lebih menarik dari kehadiran mobil listrik VinFast. Hal tersebut adalah skema sewa atau berlangganan baterai yang diterapkannya.

Hal semacam ini mungkin sudah tak aneh lagi untuk segmen kendaraan roda dua. Namun, rasanya belum ada merek yang menerapkannya untuk mobil listrik.

Jadi nantinya konsumen mesti membayar biaya sewa baterai untuk mobil listrik VinFast miliknya setiap bulan. Biaya tersebut dibeda-bedakan berdasarkan jarak tempuh maksimal penggunaannya.

Belum diketahui pasti cara VinFast untuk dapat memonitor atau mengontrol jarak tempuh mobil yang sudah ada di tangan konsumen. Hal yang perlu diingat ialah harga sewa baterai ini belum termasuk biaya pengecasannya.

Sewa Baterai Tekan Harga Mobil Listrik VinFast

Banyak yang bilang mobil listrik memiliki komponen bergerak yang lebih sedikit dibandingkan mobil dengan mesin pembakaran internal. Namun, pada kenyataannya kebanyakan mobil listrik dijual dengan harga yang tinggi.

Alasannya adalah mobil listrik menggunakan baterai yang nilainya masih sangat tinggi. Bahkan kabarnya baterai dari sebuah mobil listrik bisa memiliki nilai 50 persen dari total harga mobil.

Masalah inilah yang coba dipecahkan oleh VinFast melalui skema sewa baterai tersebut. Menjadikan biaya awal seseorang untuk memiliki mobil listrik berbasis baterai jadi lebih ringan.

Tak berhenti sampai di situ karena masih ada keuntungan lain yang bisa didapat konsumen melalui cara sewa ini. 

Bebas rasa khawatir terhadap penurunan kualitas baterai seiring masa pemakaian. Isu ini sempat muncul ke permukaan pada masa awal-awal mobil listrik naik daun di Indonesia.

Tak sedikit kalangan yang mempertanyakan kualitas baterai mobil listrik setelah pemakaian bertahun-tahun. Akankah konsumen mesti menggantinya suatu saat nanti? Berapa biaya yang harus disiapkan?

Pertanyaan-pertanyaan seperti tidak akan muncul dengan adanya skema sewa karena baterai menjadi tanggung jawab pabrikan. 

Dalam salah satu keterangan resminya, VinFast menyatakan akan bertanggung jawab atas pemeliharaan, perbaikan, hingga penggantian baterai jika kapasitasnya turun di bawah ambang batas tertentu.

Terlepas dari keuntungan-keuntungan tersebut, cara sewa ini belum terbukti sepenuhnya bisa terima dengan baik oleh konsumen. Sebab secara psikologis memberikan kesan adanya pengeluaran tambahan setiap bulan.

Daftar Harga dan Biaya Sewa Baterai VF e34

  • Harga Rp315 juta
  • Biaya sewa baterai Rp1,5 juta per bulan (maks. 3.000 km) dan Rp2,6 juta per bulan (di atas 3.000 km)
Harga VinFast e34 dan Biaya Sewa Baterai Bulanannya Diumumkan

(Foto: VinFast)

Pertama-tama mari kita lihat harga dan biaya sewa baterai mobil listrik VF e34 yang sudah diumumkan pada April lalu. Dalam keterangannya, VinFast mengumumkan daftar harga mobil listrik ini adalah Rp315 juta belum termasuk baterai.

VinFast menyediakan dua paket sewa baterai berdasarkan jarak tempuh maksimalnya. Terdiri dari Rp1,5 juta untuk jarak tempuh maksimal 3.000 km dan Rp2,6 juta untuk jarak tempuh di atasnya.

Dalam hal spesifikasi, VinFast menyampaikan VF e34 sebagai mobil segmen C dengan wujud Sport Utility Vehicle (SUV). Di atas kertas mobil ini memiliki dimensi panjang 4.3000 mm, lebar 1.793 mm, tinggi 1.613 mm, dan wheelbase 2.611 mm.

Mobil ini menawarkan beberapa fitur kekinian, misalnya Advanced Driver-Assistance Systems (ADAS).

Daftar Harga dan Biaya Sewa Baterai VF 5

  • Harga Rp310 juta dengan baterai
  • Harga Rp242 juta tanpa baterai
  • Biaya sewa baterai Rp990 ribu per bulan (maks. 1.500 km), Rp1,415 juta (maks 3.000 km), dan Rp2,360 juta (di atas 3.000 km)
Vinfast VF 5 IIMS 2024

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Setelah mengumumkan harga VF e34, VinFast lalu mengumumkan hal yang sama untuk VF 5. Mobil hadir sebagai pilihan model yang lebih terjangkau bagi konsumen Indonesia.

Beda dengan VF e34, konsumen bisa membeli mobil ini sekaligus dengan baterainya jika tak ingin terikat skema sewa. Untuk itu tentu harganya lebih mahal.

Namun, konsumen tetap memiliki opsi skema sewa baterai seperti yang berlaku untuk VF e34. Adanya pilihan seperti ini patut diapresiasi sehingga konsumen bisa menentukan sendiri yang sesuai bagi kebutuhannya.

Dikatakan, VF 5 itu sendiri termasuk mobil kategori segmen A yang berarti memiliki dimensi bodi cukup ringkas. Spesifikasinya diisi motor listrik dengan berkekuatan 70 kW atau setara 94 hp dan torsi puncak 135 Nm.

Aspek keselamatannya dikawal fitur-fitur yang sudah lazim di pasaran, misalnya ABS, EBD, BA dan stability control.

VinFast menyampaikan VF 5 bakal menjadi kendaraan yang cocok untuk aktivitas berkendara di dalam kota. Mengingat kemampuan manuver mobil semacam ini yang lincah di tengah padatnya lalu lintas.

Persaingan ketat menanti VinFast di pasar otomotif Indonesia. Sebab sudah makin banyak pilihan produk mobil listrik yang dijual dengan harga relatif murah terutama dari merek China.

Selain itu, pekerjaan rumah VinFast juga menyangkut tingkat kepercayaan konsumen yang masih perlu dipupuk oleh merek-merek kemarin sore. 

Kesimpulan Daftar Harga Mobil Listrik VinFast

VinFast adalah merek baru asal Vietnam yang hadir meramaikan pasar otomotif Indonesia melalui dua produknya, VF 5 dab VF e34. Hal yang berbeda dari merek ini ialah menawarkan skema sewa baterai agar harga jual mobilnya bisa lebih murah.

Seperti diketahui, sebelumnya harga mobil listrik masih tinggi yang disebabkan oleh teknologi baterainya. Nilai baterai mobil listrik disebut-sebut bisa 50 persen dari harga mobil itu sendiri.

Dengan cara sewa ini, artinya konsumen bisa membeli mobil listrik tanpa baterai lalu menyewanya setiap bulan. Hal yang perlu diketahui ialah harga sewa baterai ini belum termasuk biaya pengecasan yang juga menjadi tanggungan konsumen.

Kapan VinFast Masuk Indonesia?

VinFast adalah pemain baru di industri mobil listrik Indonesia yang perjalanannya dimulai pada 2024. Merek asal Vietnam ini pertama kali memperkenalkan dirinya dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) bulan Februari.

Berapa Sewa Beterai VinFast VF e34?

VinFast menyediakan dua paket sewa baterai berdasarkan jarak tempuh maksimalnya. Terdiri dari Rp1,5 juta untuk jarak tempuh maksimal 3.000 km dan Rp2,6 juta untuk jarak tempuh di atasnya.

Spesifikasi VinFast VF 5?

VF 5 termasuk mobil kategori segmen A yang berarti memiliki dimensi bodi cukup ringkas. Spesifikasinya diisi motor listrik dengan berkekuatan 70 kW atau setara 94 hp dan torsi puncak 135 Nm.

Baca juga: Keren, Pabrik VinFast Dilengkapi Lebih dari 1.000 Robot untuk Produksi Kendaraan

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

The post Daftar Harga Mobil Listrik VinFast dan Biaya Sewa Baterainya first appeared on Carmudi Indonesia.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker