BeritaFamily Car RecommendationsFamily Car Recommendations 2024Mobil KeluargaNewsRepost #carmudi

FCR 2024 Hadirkan Lebih Banyak Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaik, Ini Daftarnya (Part 1)

Pemilihan Family Car Recommendations (FCR) kembali hadir pada 2024 guna memberikan rekomendasi pilihan mobil keluarga terbaik bagi konsumen Indonesia.

Ada perbedaan penting dalam penyelenggaraan tahun ini, yaitu jumlah mobil lebih banyak. Deretan mobil listrik berbasis baterai mulai muncul mengisi kategori-kategori baru.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaik: dari City Car sampai SUV Ada!

Mobil Keluarga Terbaik

Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaik (Foto: Autofun)

Produk semacam itu telah meramaikan pasar otomotif Indonesia dalam beberapa waktu belakangan. Tak sedikit di antaranya memiliki harga jual beririsan dengan mobil konvensional.

Oleh sebab itu, kehadiran mobil listrik pantas dipertimbangkan oleh para calon konsumen.

Tentang Family Car Recommendations 2024

FCR merupakan pemilihan rekomendasi mobil baru yang awalnya digagas AutoFun Indonesia. Kemudian agenda ini turut melibatkan Carmudi dan Mobil123 seiring bergabungnya ketiga platform ke dalam grup perusahaan yang sama.

Pada 2024 ini FCR memasuki tahun ketiga penyelenggaraan setelah pertama kali diadakan 2022.

Metode pemilihannya masih sama seperti tahun lalu. Menggunakan polling yang diikuti anggota-anggota tim editorial AutoFun Indonesia, Carmudi, dan Mobil123.

Mobil Keluarga Terbaik

Honda Brio Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaik (Foto: Autofun)

Perlu digarisbawahi bahwa mobil-mobil yang masuk nominasi FCR 2024 ialah produk yang meluncur atau mengalami pembaruan dalam periode Mei 2023 sampai Juni 2024.

Oleh karena itu mobil-mobil yang baru rilis saat GIIAS 2024 belum diikutsertakan. Masih butuh waktu melihat performanya di pasar dan tim editorial belum memiliki impresi berkendara yang cukup untuk menilainya.

Totalnya ada 14 model mobil yang keluar sebagai rekomendasi untuk masing-masing kategori FCR 2024. Harapannya konsumen bisa mendapatkan gambaran dalam menentukan mobil baru yang hendak dimiliki.

Honda Brio — Young Couple Family Car

Facelift yang dialami Brio pada Mei 2023 membawanya masuk nominasi kategori Young Couple Family Car hingga akhirnya memuncaki hasil pemilihan.

Mobil ini diapresiasi akan banyak hal yang membuatnya dirasa cocok untuk konsumen dari kalangan pasangan muda.

Mobil Keluarga Terbaik

Honda Brio — Young Couple Family Car (Foto: AutoFun)

Tampilan eksterior sporty dibarengi performa mesin yang baik sekaligus irit merupakan daya tarik besar dari hatchback yang justru berdimensi mungil ini.

Belum lagi jika bicara resale value Brio di pasar mobil bekas yang terjaga dengan baik.

Suzuki Baleno — Just The 3 of Us

Kategori Just The of 3 Us dibuat untuk mewakili kebutuhan kendaraan bagi keluarga muda yang bisa dianggap baru memiliki satu momongan. Baleno sebagai juara bertahan tahun lalu kembali memuncaki kategori ini.

Baleno memiliki harga paling atraktif di kelasnya dengan fitur yang tergolong lengkap. Apalagi dengan adanya improvement pada Agustus 2023 berupa head unit baru dan kamera 360 derajat.

Mobil Keluarga Terbaik

Suzuki Baleno — Just The 3 of Us(Foto: Autofun)

Baleno menawarkan kabin lega untuk membawa barang-barang ketiga anggota keluarga. Di samping itu, penggunaan mesin K15B juga membuat mobil ini gampang diajak irit bahan bakar.

Hyundai Stargazer — Favorite Family MPV

Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan harga terjangkau masih menjadi pilihan bagi banyak orang di Indonesia. Kerap diidentikkan sebagai mobil keluarga karena kabinnya muat banyak penumpang.

Sekarang pilihan mobil semacam itu makin banyak. Stargazer pantas dilirik karena beberapa hal, misalnya kabin yang menarik dengan pilihan captain seat pada varian tertentu.

Mobil ini juga memberi standar baru terkait performa sebuah low MPV dengan mesin paling bertenaga di kelasnya.

Baca Juga: Family Car Recommendation 2023: Hyundai Stargazer Pilihan MPV Terfavorit!

Mobil Keluarga Terbaik

Hyundai Stargazer — Favorite Family MPV (Foto: Autofun)

Sebagai informasi, Hyundai melakukan pembaruan untuk Stargazer pada Juli 2023. Varian Essential muncul menggantikan Trend.

Membawa fitur atau kelengkapan yang dinilai paling dibutuhkan oleh konsumen sambil menjaga harga jualnya tetap terjangkau. Jok captain seat bisa didapat konsumen mulai dari varian ini.

Toyota Kijang Innova Zenix — Everyone Favorite MPV

Kijang Innova Zenix yang merupakan juara bertahan tahun lalu kembali menonjol dalam FCR 2024 untuk kategori Everyone Favorite MPV. Minim pesaing di kelasnya dan terbukti mobil yang bisa diandalkan.

Bedanya tahun ini tim editorial lebih memilih varian non hybrid. Kijang Innova Zenix cocok bagi konsumen yang lebih suka “cari aman” untuk pilihan kendaraannya.

Keunggulan-keunggulan dari sebuah medium MPV ada di mobil ini. Kabinnya lega dan nyaman dengan konfigurasi tiga baris bangku.

Baca Juga: Pantas Laris, Ini Deretan Fitur Toyota Kijang Innova Zenix

Toyota Kijang Innova Zenix — Everyone Favorite MPV (Foto: Autofun)

Hal lain yang tak bisa dilupakan ialah citra mereknya. Nama Kijang sudah begitu dikenal luas yang pada ujungnya bakal berpengaruh pada resale value yang tinggi.

Konsumen yang menginginkan peace of mind dalam hal layanan purna jual juga bisa melirik mobil ini.

Honda BR-V (N7X Edition) — Adventurer Young Family Choice

Sebuah mobil keluarga bagi pasangan muda biasanya bukan hanya menjadi penunjang mobilitas harian. Ada kalanya diajak menjalani petualangan ringan untuk sekadar melepas penat saat akhir pekan tiba.

Untuk itulah kategori Adventurer Young Family Choice hadir. BR-V khususnya model N7X Edition menjadi yang paling banyak dipilih oleh anggota tim editorial dalam FCR 2024.

Mobil yang meluncur dalam IIMS 2024 ini menegaskan aspek tampilan lebih stylish dibandingkan BR-V biasa. Gabungan antara konsep MPV yang praktis dan kesan tangguh SUV juga bisa ditemui.

Honda BR-V (N7X Edition) — Adventurer Young Family Choice

Chery Tiggo 5X — 1st Choice for The Eldest

Kategori 1st Choice for The Eldest dibuat untuk memberikan rekomendasi mobil keluarga khususnya bagi anak pertama. Ada saatnya kebutuhan akan hal itu tiba, misalnya ketika memasuki masa kuliah atau awal dunia kerja.

Tiggo 5X sukses mencuri perhatian sejak awal diluncurkan dalam IIMS 2024. Harga yang atraktif menjadi pintu gerbang awal untuk menaruh perhatian lebih besar pada produk ini.

Terlebih lagi setelah mengetahui Tiggo 5X juga menawarkan fitur-fitur yang berlimpah untuk mobil sekelasnya.

Baca Juga: Disukai 1 Juta Konsumen, Intip Perbedaan Chery Tiggo 5X Champion dan Classic

Mobil Keluarga Terbaik

Chery Tiggo 5X — 1st Choice for The Eldest (Foto: Autofun)

Tiggo 5X pun menyuguhkan kualitas berkendara yang baik. Tarikan awal mesinnya membuat berkendara stop n’ go di perkotaan terasa lincah.

Toyota Yaris Cross HEV — Ready for Urban Adventure

Bayangkan sebuah mobil yang siap menjadi teman untuk menjalani petualangan-petualangan di lingkungan urban. Mengunjungi tempat-tempat baru, membelah kemacetan, hingga menjadi bagian dari gaya hidup perkotaan.

Kira-kira seperti itulah produk kendaraan yang coba direkomendasikan melalui kategori Ready for Urban Adventure. Yaris Cross HEV paling banyak dipilih oleh anggota tim editorial untuk kategori ini.

Walau konsepnya SUV, tapi mobil bermesin hybrid ini dinilai lebih condong untuk penggunaan di area perkotaan. Ground clearance yang rendah tak sepenuhnya buruk karena justru bikin tampilan stylish dan lebih mantap bermanuver.

Mobil Keluarga Terbaik

Rekomendasi mobil keluarga terbaik, Toyota Yaris Cross HEV — Ready for Urban Adventure (Foto: Autofun)

Dimensi bodi juga tak terlalu besar sehingga lebih mudah dikendarai di sela-sela padatnya lalu lintas. Tak kalah menarik adalah tingkat konsumsi bahan bakar mobil ini yang luar biasa irit.

Baca Juga: Menjelajah Tol Trans-Jawa Bersama Toyota Yaris Cross Hybrid: Nyaman dan Irit

Sampai pada titik ini sudah ada tujuh mobil yang diulas dari masing-masing kategori. Itu artinya masih tersisa tujuh mobil lagi untuk dibahas.

Selengkapnya bisa disimak pada artikel bagian kedua yang link-nya bisa ditemui di bawah.

Sebagai bocoran, bagian kedua artikel ini bakal mulai menampilkan deretan mobil-mobil listrik seperti dijanjikan di awal.

Bocorannya ada produk-produk dari Wuling, Chery, dan Kia muncul sebagai rekomendasi untuk beberapa kategori.

Baca juga: FCR 2024 Sodorkan Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaru Termasuk EV (Part 2)

Penulis: Mada Prastya
Editor: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker