BeritaBerita otomotifNewsRepost #carmuditoyota

TMMIN Bakal Tambah Investasi Rp27,1 Triliun Hingga 2026

Karawang — PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) akan menambah nilai investasi di Indonesia sebesar Rp27,1 triliun hingga 2026 mendatang.

Pabrik Toyota TMMIN

(Foto: Toyota)

Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada seremoni ekspor perdana Toyota Kijang Innova Zenix di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat, Selasa (21/2/2023).

Agus mengatakan TMMIN telah mengucurkan investasi Rp77,9 triliun hingga 2022 kemarin.

Angka ini akan terus bertambah ke depannya.

“Investasi PT TMMIN sampai dengan tahun 2022 telah mencapai Rp77,9 triliun dengan berkomitmen tambahan investasi sebesar Rp27,1 triliun hingga tahun 2026,” ujarnya pada kesempatan yang sama.

investasi tmmin

(Foto: Investopedia)

Dengan nilai investasi tersebut TMMIN mampu memproduksi 320 ribu unit kendaraan serta 440 ribu unit mesin dan komponen di 4 pabrik Karawang dan Sunter.

TMMIN pun melaporkan telah mengekspor 136 ribu unit Completely Built Up (CBU) sepanjang 2022 lalu.

Jumlah tersebut kemudian menggenapkan total ekspor kumulatif Toyota yang sudah mencapai lebih dari 2 juta unit ke lebih dari 100 negara di Timur Tengah, Afrika, Asia Selatan, Asia Tenggara, Asia Timur, Amerika Latin, Oceania, dan Australia.

Hao Quoc Tien, CEO of Asia Region and President of Toyota Motor Asia Pacific juga menyebutkan kegiatan ekspor kali ini menjadi sejarah baru bagi Toyota.

“Kijang Innova diekspor ke-15 negara dengan volume yang signifikan pada awal tahun 2000. Ini membuka jalan bagi pelanggan untuk mengapresiasi kapabilitas Toyota Indonesia,” sambungnya.

investasi tmmin

(Foto: Discover CEE)

Kendaraan buatan Karawang, Jawa Barat ini nantinya akan diekspor ke 27 negara termasuk Australia dengan jumlah 2.000 unit pada tahun 2023.

Hal ini membuktikan bahwa produk Indonesia mampu menembus pasar Australia yang terkenal memiliki kualifikasi ketat seperti ketentuan spesifikasi bahan bakar, emisi, dan keamanan.

Kijang juga kembali mencatat sejarah sebagai model elektrifikasi pertama yang diekspor oleh Toyota Indonesia dan akan menjadi faktor signifikan dalam upaya pencapaian target peningkatan volume ekspor Toyota sebesar 5% pada tahun 2023 ini.

Selain peningkatan volume, Toyota Indonesia di 2023 juga bertekad untuk menambah negara-negara tujuan ekspor kendaraan Toyota dari Indonesia terutama di kawasan Afrika.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play StoreDownload Carmudi di App Store

The post TMMIN Bakal Tambah Investasi Rp27,1 Triliun Hingga 2026 first appeared on Carmudi Indonesia.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker