BeritaBerita otomotifChery Omoda 5mobil listrikNewsRepost #carmudi

Chery Buka Wacana Rakit Lokal Mobil Listrik Omoda 5 EV

Jakarta — Mobil listrik Chery Omoda 5 EV memiliki kemungkinan menjadi model kendaraan berikutnya yang lahir dari pabrikan perakitan Chery di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Rifkie Setiawan, Head of Public Relations PT Chery Sales Indonesia kepada wartawan, Senin (12/6/2023) di Jakarta.

Chery Omoda 5 EV

Mobil listrik Chery Omoda 5 EV memiliki kemungkinan menjadi model kendaraan berikutnya yang lahir dari pabrikan perakitan Chery di Indonesia. (Foto: Carmudi/Rizen Panji)

Sebelumnya, Rifkie memastikan mobil listrik berbasis baterai atau Battery Electric Vehicle (BEV) tersebut akan tampil perdana di Indonesia dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 bulan Agustus nanti.

Namun, penampilan Omoda 5 EV pada pameran tahunan itu masih sebatas display alias belum diluncurkan secara resmi.

Statusnya sebatas “barang pameran” bertujuan sebagai referensi bagi konsumen terhadap produk yang bakal diluncurkan Chery pada masa mendatang.

“Untuk Omoda BEV sudah pasti kita display di sana. Sepertinya sudah setir kanan yang dibawa. Kita masih display saja, belum launching, belum introduction dan lain-lain,” katanya.

Dengan kata lain pihaknya belum berencana untuk menjualnya atau membuka pemesanan pada saat GIIAS 2023 berlangsung.

Lain cerita jika Chery melihat antusiasme yang besar dari konsumen terhadap Omoda 5 EV.

Jika situasinya demikian maka pihak Chery mau tak mau bakal membuka pre order.

Menurut Rifkie, hal ini berkaca dari pengalaman yang sudah-sudah. Mobilnya belum resmi diluncurkan, tapi peminat sudah berdatangan.

“Kalau untuk inden belum ada rencana, tapi kita lihat kalau misal antusiasmenya besar, kita tidak bisa bendung juga. Kita lihat respons dari market dulu,” katanya.

Harga Omoda 5 EV Dipengaruhi Basis Produksi

Terkait harga, menurut Rifkie sekarang pihak Chery sedang melakukan perhitungan.

Salah satu faktor yang memengaruhi banderolnya ialah basis produksi. 

“Untuk harga belum ada bayangan mau di harga berapa. Karena kita masih riset dulu, karena terkait basis produksi. Nanti akan rencana untuk CKD (Completely Knock Down) juga Omoda BEV, jadi kita masih hitung struktur harganya,” ungkapnya.

Chery Omoda 5 EV di shanghai Auto Show 2023

Pihak Chery disebut tengah melakukan perhitungan untuk harga Omoda 5 EV. (Foto: Carmudi/Rizen Panji)

Dikatakan, pada saat ini Chery memiliki pabrik di Pondok Ungu, Bekasi yang menjadi tempat dirakitnya semua model Chery untuk pasar Indonesia. 

“Kapasitas produksi sudah di 2.000 unit per bulan. Ini bisa kita maksimalkan dengan produk yang akan kita launching,” sambung Rifkie.

Untuk diketahui, Chery sudah lebih dulu memasarkan Omoda 5 versi bensin di Indonesia dengan harga Rp334,8 juta sampai Rp404,8 juta.

Sementara itu, Omoda versi listrik pertama kali menjalani debut dunianya pada pameran Auto Shanghai 2023 bulan April lalu.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

The post Chery Buka Wacana Rakit Lokal Mobil Listrik Omoda 5 EV first appeared on Carmudi Indonesia.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker