BeritamotorNewsRepost #carmudismart keyTips dan Trik

Jangan Sembarangan, Begini Cara Merawat Smart Key Motor

Merawat smart key motor bukan perkara sulit. Hanya butuh beberapa perlakuan saja agar smart key motor bisa berfungsi dengan maksimal, awet dan tidak mudah rusak.

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi kunci pada motor mengalami evolusi. Sekarang ini, banyak model motor keluaran terbaru yang sudah dibekali dengan smart key.

Keberadaan fitur kunci pintar tersebut mempermudah pengguna motor untuk menyalakan mesin kendaraannya tanpa perlu mengeluarkan anak kunci. Bisa juga difungsikan sebagai Answer Back System untuk mempermudah pengendara dalam mencari posisi motor di parkiran yang ramai.

Merawat Smart Key Motor

Yamaha Lexi (Foto: YIMM)

Begitu pentingnya peran smart key, maka sebagai pemilik motor wajib menyimpannya dengan baik jangan sampai hilang serta jangan lupa juga untuk merawatnya, agar kondisinya selalu optimal dan awet.

Main diler Yamaha di Sumatra Selatan dalam keterangan resminya baru-baru ini membeberkan tips merawat smart key motor. Berikut uraian singkatnya.

Letakkan Smart Key di Tempat yang Mudah Ditemukan

Motor biasanya rutin dipakai, supaya tidak kerepotan harus mencari smart key saat hendak digunakan, sebaiknya letakkan di tempat yang mudah ditemukan. Selain itu, bisa meminimalisir kehilangan smart key.

Bila hilang, pengguna harus mengganti remote smart key dan Personal Identification Number (PIN) sebelumnya harus didaftarkan kembali.

Ingat Nomor PIN

Menyimpan dan mengingat dengan baik PIN remote smart key. Jika pengguna lupa PIN, maka harus mengganti satu set smart key system.

Penggantian satu set smart key system, yaitu mengganti Smart Unit, di dalamnya termasuk remote dan Starter Generator Control Unit (SGCU). Bila mengganti satu set smart key, kunci yang lama akan diblokir, sehingga jika remote dicuri motor tidak dapat digunakan.

Merawat Smart Key Motor

Merawat Smart Key Motor Yamaha Freego (Foto: YIMM)

Jangan Jatuh dan Terendam Air

Usahakan simpan dan genggam smart key dengan baik agar tidak jatuh. Jangan pula sampai terendam air, karena bisa menyebabkan remote rusak.

Perhatikan Kondisi Baterai

Biasanya sinyal remote akan terhubung dengan Smart Unit dalam jarak 80 cm, bila kurang dari jarak itu, maka ada kemungkinan kondisi baterai remote sudah tidak bagus.

Jangan Lupa Matikan Remote Smart Key

Pemilik motor biasanya lupa menyalakan dan mematikan remote smart key ketika hendak memakai motor atau sesudahnya. Untuk menyalakan dan mematikan tekan remote smart key selama tiga detik.

Apabila lampu indikator pada remote menyala dengan cepat berarti smart key dalam keadaan on atau hidup, sedangkan jika lampu indikator menyala dengan lambat berarti remote smart key off atau mati.

Merawat Smart Key Motor

Smart Key Yamaha Xmax (Foto: YIMM)

Tekan Tombol Sewajarnya

Hindari menekan tombol di remote secara berlebihan atau terlalu keras. Apabila hal itu dilakukan secara terus menerus dapat mempercepat kerusakan.

Jauhkan dari Perangkat Elektronik

Jangan meletakkan smart key dekat dengan perangkat eletronik lain seperti televisi, handphone. Sebab sinyal remote bisa terganggu.

Pakai Kunci Emergency

Gunakan kunci emergency manual untuk membuka bagasi motor jika smart key hilang dan ingin mengambil barang-barang yang ditaruh di bagasi.

Kunjungi Bengkel

Jika ada kendala terkait remote smart key, segera kunjungi bengkel resmi.

Penulis: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

The post Jangan Sembarangan, Begini Cara Merawat Smart Key Motor first appeared on Carmudi Indonesia.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker