#TRENDING

Presiden Toyota Ke-7 Meninggal Dunia

Anak kedua dari pendiri Toyota ini meninggal karena pneumonia.

Toyota Motor Corporation sedang berduka, mantan presiden mereka yaitu Tatsuro Toyoda tutup usia. Anak kedua dari founder Toyota ini meninggal pada 30 Desember, di usia 88 tahun. Presiden Toyota Corp ketujuh ini tutup usia karena pneumonia.

Masa jabatan Tatsuro Toyoda sebagai Presiden Toyota Corp terbilang singkat, antara 1992 sampai 1995 sebagaimana dikutip dari Reuters.

Di tangan Tatsuro, Toyota menjalin kerja sama dengan General Motors sebagai New United Motor Manufacturing Inc (NUMMI) pada 1984. Konsorsium ini menandai ekspansi global Toyota di Amerika Serikat.

Baca juga:
Toyota Siap Produksi Mobil Listrik, Tunggu Regulasi Pemerintah
Sejarah Singkat Toyota Rush, Suksesor ‘Hardtop’ Versi Mini

Tatsuro sebagai presiden pertama NUMMI menggabungkan budaya super efisien, kerja sama, dan pemberdayaan pekerja dengan budaya kerja ala Amerika. Dalam hal ini, lahirlah gaya baru hubungan kerja karyawan dengan manajemen.

Kolaborasi Toyota-GM ini adalah pelopor kerja sama antara dua raksasa otomotif dunia di era modern. Di tangan Tatsuro, Toyota semakin disegani dan berkembang pesat pada dekade 1990-an. Sejak konsorsium NUMMI, Toyota berhasil mendirikan 10 manufakturnya di Amerika Serikat.

Perjalanan Karir Presiden Toyota Corp Ketujuh

Presiden Toyota – Tatsuro Toyoda

Tatsuro Toyoda lahir pada 1929 dan bergabung ke perusahaan pada 1953. Pria ini adalah lulusan kampus bergengsi di Jepang, Universitas Tokyo, yang mendapatkan gelar di bidang teknik mesin. Tatsuro lengser dari jabatan Presiden Toyota Corp pada 1995, yang kemudian digantikan oleh Akio, keponakannya sendiri.

Tatsuro memperoleh gelar MBA pada tahun 1958 dari New York University. Ia belajar langsung di bawah pakar kontrol kualitas W. Edwards Deming. Pengajar asal Amerika Serikat tersebut mendedikasikan dirinya kepada manufaktur Jepang mengembangkan reputasi dalam hal kualitas.

Setelah turun dari jabatan presiden, Tatsuro masih tetap berada dalam ring satu Toyota. Ia melanjutkan kiprahnya sebagai tim penasehat perusahaan, sampai akhir hayatnya. Tatsuro wafat meninggalkan seorang istri, Ayako Toyoda.

Pihak keluarga telah menggelar upacara peringatan kematian Tatsuro. Untuk mengenang jasanya, Toyota juga akan menggelar upacara perpisahan skala besar terhadap anak kedua Kiichiro Toyoda tersebut. (dna)

Tags

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker