FOKUS

Mitsubishi Motors Beri Mobil Listrik ke Pemerintah Indonesia, Untuk Apa?

Penulis: Santo Evren S
Jakarta – Mitsubishi Motors secara resmi memberikan 10 mobil listrik kepada pemerintah Indonesia. Unit yang terdiri dari 8 unit Mitsubishi Outlander Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan 2 unit i-MiEV diterima oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin).
Simbolis penyerahan 10 mobil listrik Mitsubishi kepada pemerintah Indonesia dilakukan pagi tadi Kamis, 26 Februari 2018 bertempat di kantor Kemenperin, Jakarta Selatan. Selain 10 mobil listrik, Mitsubishi Motors juga memberikan 4 unit quick charger (pengisi daya). Mobil listrik serta alat pengisi daya yang diberikan merupakan bagian dari studi bersama terkait pengembangan infrastruktur kendaraan listrik Indonesia.

“Hari ini merupakan sebuah momen penting untuk Mitsubishi Motors, pemerintah Indonesia dan masyarakat Indonesia.  Kita mendapat manfaat dari peningkatan kepemilikan mobil, komunitas yang lebih terhubung, serta lingkungan yang lebih aman dan ramah.”

“Saat ini Mitsubishi Motors memberikan sebuah kontribusi langsung terhadap transisi Indonesia ke era ekonomi rendah karbon. Kami menyumbangkan 10 kendaraan listrik dan 4 unit quick charger ke Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Sepuluh kendaraan baru ini akan dikerahkan dalam serangkaian studi bersama yang secara langsung akan mendukung pengembangan infrastruktur kendaraan listrik Indonesia yang sedang berkembang.”

Studi ini merupakan langkah untuk menuju pencapaian visi “Smart Cities” yang benar-benar akan melihat penyampaian teknologi untuk masyarakat,” ujar Osamu Masuko, CEO Mitsubishi Motors, dalam keterangan resminya.

 

Dalam upacara penyerahan 10 mobil listrik turut di hadiri oleh perwakilan dari Kedutaan Besar Jepang. Dari pihak Indonesia diwakili Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Mobil Listrik Mitsubishi Sudah Pernah Dibawa Ke Indonesia

Nama Mitsubishi Outlander PHEV dan i-MiEV sudah tidak asing lagi di telinga orang Indoensia. Bagaimana tidak, Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pernah memperkenalkan keduanya.
Outlander PHEV, Mobil Listrik yang Diberikan Mitsubishi (Foto: Mitsubishi)
Mitsubishi Outlander PHEV diperkenalkan 2013 di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) dan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015. Sedangkan i-MiEV diperkenallkan pada 2009 bersamaan dengan ajang IIMS.
Mitsubishi Outlander PHEV dibekali mesin konvensional berkapasitas 1.998 cc bertenaga 118 ps pada 4.500 rpm dengan torsi puncak 186 Nm pada 4.500 rpm. Mesin ini terhubung ke motor listrik yang berada di roda depan dan belakang. Tenaga yang dikeluarkan 82 ps dan torsi 137 Nm pada motor listrik di roda depan, dan 82 ps dengan dengan torsi puncak 195 Nm.
Mitsubishi i-MiEV memiliki panjang 3.475 milimeter, lebar 1.475 mm, tinggi 1.610 mm, dan wheelbase 2.550 mm. Sumber tenaganya berasal dari motor listrik yang menggunakan sistem penggerak 4WD dengan output sekuat 49 kw dan torsi 196 Nm.
Tags

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker