Beritamobil listrikMobil MogokNewsPT Sokonindo AutomobileRepost #carmudi

Mobil Listrik yang Mogok Tak Bisa Sembarang Diderek

Jakarta – Mungkin banyak yang belum tahu jika mobil listrik yang mogok ternyata tak bisa sembarangan diderek karena dianggap bisa merusak komponen.

Mobil listrik sejatinya memiliki sistem penggerak yang berbeda dibandingkan kendaraan bermesin konvensional atau berbahan bakar minyak.

Hal ini tentu menimbulkan perbedaan dalam penanganan ketika mengalami kondisi darurat, salah satunya saat mobil listrik mogok secara mendadak.

Mau tidak mau mobil listrik tersebut terpaksa harus diderek agar bisa dipindahkan atau segera dibawa ke bengkel untuk melakukan perbaikan.

Herry Bertus Windyarto, Deputy Head of Customer Service Division PT Sokonindo Automobile selaku Agen Pemegang Merek (APM) DFSK dan Seres punya beberapa tips yang bisa dilakukan.

mobil listrik diderek

Menurutnya kendaraan listrik memiliki motor penggerak yang berfungsi memutar roda dan komponen ini tidak akan bekerja dalam kondisi mati.

Satu-satunya cara yang paling aman untuk mobil listrik yang akan diderek,  yakni dengan menggunakan derek berjenis flatbed atau bagian penopang mobil yang rata.

Baca juga: Ketahui Jenis dan Biaya Tarif Jasa Derek Mobil

“Gunakan derek flatbed apabila mobil listrik mogok dan segera bawa mobil ke bengkel resmi untuk mendapatkan penanganan optimal dari mekanik,” ujarnya Herry dalam keterangan resminya baru-baru ini.

Ia menambahkan ada beberapa alasan mengapa derek yang digunakan harus berjenis flatbed.

“Penggunaan derek jenis ini bisa meminimalisir kerusakan pada motor penggerak jika dipaksa diderek atau didorong terlalu jauh,” terangnya.

mobil listrik diderek

Beberapa mobil listrik yang ada di Indonesia umumnya menggunakan motor penggerak yang hampir sama, yakni permanent magnet synchronous yang juga dipakai oleh Seres E1.

Sebelum diderek, usahakan untuk memindahkan tuas transmisi dari posisi D ke posisi N atau Netral agar mobil bisa didorong ke tempat yang aman.

Mobil listrik memiliki toleransi agar bisa didorong lebih kurang hanya sejauh 10 meter saja.

Ketika sudah berada di atas truk derek, maka posisi tuas transmisi bisa kembali dipindah ke P dan roda dikunci agar lebih aman.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

The post Mobil Listrik yang Mogok Tak Bisa Sembarang Diderek first appeared on Carmudi Indonesia.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker