BeritaDFSKDongFeng SokonNewsPERIKLINDO Electric Vehicle Showpevspevs 2023PT Sokonindo AutomobileRepost #carmudiSeresSeres E1

Satu Payung di Bawah Sokonindo Automobile, Ini Beda DFSK dan Seres

Jakarta – Merek mobil Dongfeng Sokon (DFSK) dan Seres di Indonesia berada di bawah payung perusahaan yang sama, tapi keduanya membidik segmentasi pasar yang berbeda.

Seres resmi masuk pasar Indonesia melalui PT Sokonindo Automobile pada Rabu (17/5/2023). Perkenalan merek baru tersebut dilakukan bersamaan dengan pameran khusus kendaraan listrik bertajuk Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023.

DFSK dan Seres

Seres E1 di PEVS 2023 (Foto: Santo/Carmudi)

Merek Seres lahir dengan mengedepankan nilai-nilai kuat terhadap konsumen sentris, kerja keras, dinamis, tulus, dan dapat diandalkan sehingga menjadi sebuah entitas yang merefleksikan keseriusan perusahaan menghadirkan solusi mobilitas berkelanjutan. Nilai-nilai ini kemudian mendorong Seres untuk menghadirkan revolusi kendaraan yang ramah lingkungan dengan ditunjang teknologi cerdas bagi mobilitas masyarakat.

Saat ini Seres sudah tersedia di beberapa negara di Eropa, Asia, serta Amerika.

Kehadiran Seres di Indonesia akan menambah ramai industri otomotif sekaligus menemani DFSK di bawah payung Sokonindo Automobile.

Kendati dua merek asal Cina itu berada dalam satu payung, tapi masing-masing memiliki segmentasi dan target pasar yang tidak sama.

“Di bawah Sokonindo Automobile nanti ada DFSK dan Seres. Nantinya Seres ini akan fokus di kendaraan penumpang listrik (electric vehicle/EV). Sedangkan untuk kendaraan penumpang bermesin pembakaran internal (internal combustion engine/ICE) termasuk line up mobil komersial untuk DFSK,” ungkap Achmad Rofiqi Marketing Head Sokonindo Automobile, di sela perkenalan merek Seres.

DFSK dan Seres

Jajaran mobil DFSK di PEVS 2023 (Foto: Santo/Carmudi)

Sementara itu soal pemasaran, nantinya baik itu produk DFSK maupun Seres akan dijual di satu diler yang sama. Namun, tidak menutup kemungkinan ke depannya kedua merek tersebut punya diler masing-masing.

“Untuk tahap awal beberapa outlet (DFSK) akan kami masukkan Seres di sana. Tapi ke depannya apabila ada aplikasi untuk melakukan pendaftaran diler hanya Seres kami akan follow up. Tetapi saat ini kami akan bagi beberapa oulet akan handle Seres juga,” terang dia.

Menandai kehadiran merek Seres di Tanah Air, Sokonindo Automobile pada kesempatan yang sama turut memperkenalkan mobil listrik mungil, Seres E1.

Mobil yang memiliki panjang 3.030 mm, lebar 1.495 mm, dan tinggi 1.640 mm itu rencananya akan diluncurkan pertengahan tahun ini.

Sejauh ini, harga E1 masih dirahasiakan. Harga resmi calon pesaing Wuling Air EV tersebut bakal diumumkan pada saat peluncuran.

Ekspor DFSK Indonesia

Pabrik Mobil DFSK di Cikande (Foto: DFSK)

Seres E1 Diproduksi Lokal Bersama DFSK

E1 sebagai produk pertama dari Seres nantinya akan diproduksi lokal di pabrik milik Sokonindo Automobile bersama dengan produk DFSK.

Produksinya menggunakan skema Completely Knock Down (CKD).

“Kami sudah memiliki proyeksi menggunakan fasilitas produksi di Cikande, Serang, Banten untuk memproduksi kendaraan-kendaraan berlabel DFSK dan Seres untuk kebutuhan dalam negeri serta ekspor ke berbagai negara. Ini adalah salah satu upaya kami berkontribusi aktif bagi perekonomian Indonesia dan memaksimalkan transfer teknologi bagi industri otomotif nasional,” pungkas Franz Wang Chief Operating Officer Sokonindo Automobile.

Penulis: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

The post Satu Payung di Bawah Sokonindo Automobile, Ini Beda DFSK dan Seres first appeared on Carmudi Indonesia.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker