BeritaBerita otomotifNewsRepost #carmudiSumber informasitoyotaxev toyota center

Belajar Kendaraan Elektrifikasi di Toyota xEV Center, Begini Cara Masuk ke Sana

Karawang — PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mendirikan Toyota xEV Center sebagai pusat pembelajaran kendaraan elektrifikasi.

Di Toyota xEV Center ini, semua orang diperbolehkan hadir untuk melihat lebih dekat mengenai segala hal tentang elektrifikasi milik Toyota.

Toyota xEV Center sebagai pusat pembelajaran kendaraan elektrifikasi

Toyota xEV Center menjadi pusat pembelajaran kendaraan elektrifikasi. (Foto: Carmudi)

Carmudi yang berkesempatan untuk hadir di Toyota xEV Center beberapa waktu lalu ditemani Natasya selaku perwakilan dari TMMIN untuk menjelaskan segala hal yang ada di tempat ini.

Terbagi dalam 4 Zona

“Jadi di sini terdiri dari 4 Zona yang disuguhi dengan peraga dan presentasi agar para pengunjung bisa mengetahui dengan jelas apa yang ada di sini,” ujar Natasya.

Zona 1

Zona 1 mengusung tema Insiatif Lingkungan. Di sini dibeberkan latar belakang mengenai perlunya masyarakat menuju era elektrifikasi dan karbon netral.

toyota xev center

Di Zona 1 dijelaskan mengenai bahaya climate change, langkah Indonesia menuju Net Zero Emission 2060, dan Toyota Environmental Challenge 2050.

Zona 2

Di Zona 2 bertemakan Teknologi yang fokus membahas klasifikasi kendaraan Internal Combustion Engine (ICE), Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Battery Electric Vehicle (BEV), dan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV).

toyota xev center

“Di Zona 2 ini juga membahas bagaimana cara melawan karbon, komponen mesin kendaraan listrik, fungsi nikel dalam pembuatan baterai, dan cara kerja baterai pada kendaraan listrik,” kata Natasya.

Zona 3

Selain itu Zona 3 membahas mengenai Ekosistem Hijau. Di Zona ini bahasan fokus mengenai konsep well to wheel emission, cara ekosistem hijau, kategori charger kendaraan listrik, hingga cara kerja energy storage system.

toyota xev center

Di Zona ini juga membahas mengenai siklus 3R, penggunaan listrik rumah untuk EV, penggunaan EV untuk listrik rumah, dan Toyota Woven City.

“Toyota Woven City ini merupakan sebuah kota yang nantinya akan diisi oleh para peneliti khusus meneliti tentang teknologi elektrifikasi,” jelasnya.

Zona 4

Sementara di Zona 4 membahas tema Masyarakat Berkelanjutan yang terdiri dari uji kinerja baterai kendaraan listrik Toyota, sejarah Toyota menciptakan teknologi elektrifikasi, dan perjalanan Toyota Indonesia membangun era elektrifikasi.

Di Zona ini juga dijelaskan bahwa Toyota bekerja sama dengan beberapa universitas di Indonesia sejak 2018 silam.

komponen baterai mobil listrik

Beberapa universitas yang terlibat adalah Universitas Indonesia, LPEM Universitas Indonesia, Institur Teknologi Bogor, Universitas Gajah Mada, Universitas Sebelas Maret, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Udayana, dan Universitas Diponegoro.

Pada sesi terakhir, kami diajak untuk mencicipi jajaran kendaraan elektrifikasi yang ada di area test drive Toyota xEV Center.

Beberapa kendaraan yang dapat dicoba antara lain yakni Toyota C+Pod, bZ4x dengan atap solar panel, dan Prius PHEV.

Ke depannya Toyota akan terus meningkatkan fasilitas teknologi xEV Center seperti memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), kincir angin, kincir air, hidrogen, hingga panel surya.

Seperti yang dijelaskan di atas, seluruh masyarakat diperbolehkan berkunjung ke Toyota xEV Center.

Carmudian yang ingin berkunjung hanya perlu melakukan reservasi via WhatsApp ke nomor 0811-109-9382 dan mengisi data diri secara lengkap.

Pendaftaran ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Usai melakukan pendaftaran, Carmudian hanya perlu datang ke Jl. Trans Heksa No. 01 Kawasan Industri KJIE, Margamulya, Kec. Telukjambe Barat, Kab. Karawang, Jawa Barat, 41361 pada pukul 09:00—16:00 WIB.

Tempat ini buka sejak hari Senin hingga Jumat.

Tertarik berkunjung ke sini untuk melihat beragam fasilitas dan peraga mengenai kendaraan elektrifikasi?

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

The post Belajar Kendaraan Elektrifikasi di Toyota xEV Center, Begini Cara Masuk ke Sana first appeared on Carmudi Indonesia.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker