BeritaMobil TerlarisNewsRepost #carmudiTeslatesla model ytoyotaToyota Corollatoyota rav4

Tesla Model Y Jadi Mobil Terlaris di Dunia pada 2023 Disusul Toyota RAV4 dan Corolla

London – Tesla Model Y ditetapkan sebagai mobil terlaris di dunia pada 2023. Tepat di bawahnya ada dua model mobil keluaran Toyota.

Penetapan Model Y jadi mobil terlaris di dunia sepanjang 2023 berdasarkan hasil penghitungan yang dilakukan oleh lembaga riset pasar otomotif asal Inggris, JATO Dynamics.

Baca Juga: Luhut: Baterai Tesla Masih Pakai Nikel

Mobil terlaris di dunia 2023

Tesla Model Y jadi Mobil terlaris di dunia 2023 (Foto: JATO Dynamics )

JATO Dynamics dalam keterangan resminya baru-baru ini menyebutkan bahwa posisi Model Y sebagai mobil yang paling laris tidak dapat disangkal karena sudah terjual 1,23 juta unit sejak Januari – Desember 2023. Capaian tersebut meningkat sekira 64 persen year on year (yoy).

Felipe Munoz, Global Analyst JATO Dynamics, berkomentar, “Peningkatan penjualan global Model Y belum pernah terjadi sebelumnya, terutama untuk kendaraan yang masuk dalam sepuluh besar terlaris. Apa yang mampu dicapai Tesla dengan Model Y dalam waktu sesingkat itu sungguh luar biasa,”

Model Y memimpin penjualan di Eropa dan China, dua pasar kendaraan listrik terbesar di dunia.

Mobil Terlaris 2023

Tesla Model Y (Foto: Tesla)

Menurut data dari China Association of Automobile Manufacturers (CAAM), lebih dari 456 ribu unit dikirim ke China pada 2023. Angka tersebut meningkat sebesar 45 persen dari 2022.

Di Eropa, pemesan Model Y melonjak melampaui mobil konvensional seperti Dacia Sandero, Peugeot 208, dan Volkswagen T-Roc.

“Harga eceran rata-rata Tesla Model Y pada November 2023 adalah 18 persen dan 23 persen lebih rendah dibandingkan harga rata-rata kendaraan listrik di Jerman dan Amerika Serikat,” tambah Munoz.

“Pemotongan harga sepanjang tahun dikombinasikan dengan reputasi Tesla sebagai produsen kendaraan listrik yang andal dan kompetitif, membantu memenuhi permintaan yang sudah tinggi. Hasilnya, Tesla menjadi perhatian utama banyak konsumen yang ingin membeli kendaraan listrik,” sambungnya.

Toyota RAV4 dan Corolla di Posisi Dua dan Tiga

Sementara di bawah Model Y atau di posisi kedua dan ketiga ada Toyota RAV4 dan Corolla.

Baca Juga: Kejutan, Toyota RAV4 GR Sport PHEV Sapa JAW 2023

Mobil Terlaris 2023

Toyota RAV4 (Foto: Paultan)

Berdasarkan data penjualan yang dirangkum oleh JATO Dynamics dari beberapa negara di dunia, Toyota RAV4 terjual sebanyak 1,07 juta unit selama 2023 atau naik dari 1,02 juta unit pada tahun sebelumnya.

Saudaranya, Toyota Corolla secara total terjual sebanyak 1,01 juta unit di dunia pada periode yang sama.

Adapun data penjualan yang dikumpulkan JATO Dynamics berasal dari Amerika Utara, Eropa, China, Australia, Selandia Baru, India, Korea Selatan, Rusia, Turki, Israel, Jepang, Taiwan, Afrika Selatan, Filipina. Juga disertakan data dari pasar terbesar di Amerika Latin (Brasil, Argentina, Chili, Kolombia, Meksiko, dan Uruguay), beberapa di Asia Tenggara (Indonesia dan Vietnam) dan masih banyak lagi.

Penulis: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

The post Tesla Model Y Jadi Mobil Terlaris di Dunia pada 2023 Disusul Toyota RAV4 dan Corolla first appeared on Carmudi Indonesia.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker