BeritaBerita otomotifinterior mobilMobilmobil hybridNewsRepost #carmuditoyota alphardToyota Alphard Hybrid

Mewah, Intip Kenyamanan Interior Toyota Alphard Hybrid

Walau Toyota Alphard sudah terkenal di Indonesia, tapi mungkin belum banyak orang mengetahui bentuk interior Multi Purpose Vehicle (MPV) mewah ini.

Ada banyak hal menarik yang bisa menunjang kenyamanan penumpang selama berkendara.

Mewah, Intip Kenyamanan Interior Toyota Alphard Hybrid

(Foto: Toyota)

Baca juga: Sekilas Mirip, Ini Beda Fitur Toyota Prius HEV dan PHEV

Alphard telah cukup lama menghiasi jalan raya Indonesia. Menurut catatan mobil ini pertama kali meluncur di Tanah Air pada 2003.

Kehadirannya sukses mencuri perhatian masyarakat dengan bentuk eksterior yang terlihat boxy. Aura elegan dan berkarisma pun tampak di setiap sisinya.

Benang merah desain yang mengotak seperti itu terus dipertahankan hingga generasi terbaru yang beredar saat ini.

Namun, alasan utama seorang konsumen untuk membeli sebuah Alphard rasanya terdapat di bagian interior.

Alphard hadir menawarkan kenyamanan berkendara dengan kabin yang lega dan fitur-fitur memanjakan.

Oleh karena itu dalam ulasan kali ini Carmudi akan membahas lebih jauh tentang  kabin mobil ini. 

Harga dan Varian Toyota Alphard

Adapun unit yang dicoba baru-baru ini ialah varian Alphard HEV alias Alphard hybrid. Untuk diketahui, model kendaraan ini sebenarnya memiliki beberapa varian.

Informasi mengenai hal itu dan harganysa bisa disimak di bawah ini, seperti Carmudi rangkum dari situs web resmi Toyota.

  • Alphard 2.5 X (Non Premium Color: Rp1,407 Miliar
  • Alphard 2.5 X (Premium Color): Rp1,41 Miliar
  • Alphard 2.5 G (Non Premium Color): Rp1,626 Miliar
  • Alphard 2.5 G (Premium Color): Rp1,63 Miliar
  • Alphard 2.5 HEV (Non Premium Color): Rp1,71 Miliar
  • Alphard 2.5 HEV (Premium Color): Rp1,714 Miliar

Captain Seat Suguhan Utama Interior Alphard

Interior Alphard

(Foto: Toyota)

Suguhan utama interior Alphard sudah jelas terdapat di bangku belakangnya. Selain pintu geser elektrik, konsumen akan langsung disuguhi jok captain seat yang berukuran cukup besar.

Jok ini memiliki beberapa fungsi, misalnya pengaturan recline dan maju mundur elektrik. Selain itu keberadaan leg extender pun memungkinkan penumpang bisa duduk dan berselonjor dengan rileks.

Keistimewaan lain ialah jok captain seat Alphard juga memiliki fungsi pemijat dan pengatur suhu.

Sementara itu posisi maju mundurnya bisa diatur sesuka hati dengan jarak yang tergolong jauh.

Hal tersebut memberikan fleksibilitas tersendiri, misalnya ketika hendak memaksimalkan legroom jok tengah atau justru memberikan ruang lebih banyak bagi mereka yang duduk di bangku belakang.

Khusus varian Alphard HEV memiliki keistimewaan lain berupa penggunaan remote control untuk mengatur fungsi-fungsi pada jok captain seat tersebut.

Remote control berbentuk seperti smartphone dengan layar sentuh tersebut bisa ditaruh di armrest masing-masing jok untuk mengecasnya.

Bicara fasilitas hiburan, penumpang belakang mendapatkan satu unit layar rear seat entertainment berukuran 14 inci yang berada di plafon.

Dengan dimensi bodi besar, sudah tentu mobil ini juga menyediakan ruang kabin yang lega. Sehingga sama sekali tidak ditemui isu pada leg room atau head room.

Fitur-Fitur Penunjang Kenyamanan Kabin

Fitur Toyota Alphard

(Foto: Toyota)

Pada level tertentu seorang konsumen kendaraan bukan lagi sebatas mencari kenyamanan dan fitur di dalam kabin sebuah kendaraan.

Melainkan juga privasi yang bisa didapat selama dalam perjalanan. 

Konsumen bisa mendapatkan hal tersebut di dalam interior Alphard melalui keberadaan fitur rear side shade atau tirai kaca samping.

Mereka yang mengambil posisi penumpang bisa mengaktifkan fitur tersebut melalui sebuah tombol di plafon.

Faktanya plafon di atas jok penumpang belakang mobil ini memang memiliki beberapa tombol. Selain lampu-lampu, juga terdapat tombol untuk membuka dan menutup panoramic roof yang ukurannya relatif kecil.

Di luar itu, sebenarnya masih ada beberapa fitur lain untuk memanjakan penumpang mobil ini. Misalnya ambient light untuk menciptakan suasana kabin lebih homey.

Kemudian bagi mereka yang duduk di bangku depan akan disuguhkan dengan fitur wireless charger berada di bawah kisi-kisi AC.

Sedangkan urusan akomodasi barang juga bukan masalah mengingat adanya beberapa laci penyimpanan serba guna.

Misal, laci berukuran besar di bagian konsol tengah dan di bawah jok depan yang bisa diakses oleh penumpang belakang.

Fitur lain yang mungkin jarang diapresiasi ialah adanya handle atau pegangan dengan ukuran besar samping pintu belakang mobil.

Fungsinya sangat sederhana, tapi bisa membantu setiap orang saat mau keluar masuk kabin.

Impresi Berkendara Toyota Alphard

Interior Alphard-2

(Foto: Toyota)

Walau hal-hal penting dari mobil ini terdapat di kabin belakangnya, bukan berarti pengalaman mengemudi bisa diabaikan begitu saja.

Konsumen masih akan merasakan kenyamanan yang baik ketika mengendarai sebuah Alphard. 

Namun, memang ada beberapa hal yang patut diketahui, misalnya posisi berkendara yang tinggi mirip Sport Utility Vehicle (SUV). 

Bedanya mobil ini memiliki kap mesin yang tergolong pendek sehingga visibilitas ke arah depan sangat baik.

Belum lagi ditambah penggunaan windshield atau kaca depan yang cenderung tegak. Kemudian mobil ini juga memiliki kaca mati dengan berukuran cukup besar di pilar A.

Hal lain yang membantu visibilitas mobil ini ialah desain dasbor yang rendah di bagian depannya.

Sementara itu, untuk visibilitas ke arah belakang dibantu kaca spion tengah yang menampilkan visual dari kamera belakang.

Keberadaan fitur ini bisa dinilai penting mengingat Alphard memiliki dimensi bodi yang panjang dengan jendela belakang kecil. Sehingga penggunaan kaca spion konvensional bakal kurang maksimal.

Selebihnya, mereka yang mengambil posisi pengemudi bakal disuguhkan lingkar setir berbalut bahan kulit yang dikombinasi material kayu.

Sentuhan serupa juga bisa ditemui di sepanjang dasbornya. Dasbor Alphard itu sendiri didominasi material soft touch sama halnya dengan di konsol tengah.

Kesimpulan Interior Toyota Alphard

Toyota Alphard

(Foto: Toyota)

Sejak dulu Alphard telah hadir sebagai pilihan MPV mewah ke tengah-tengah konsumen Indonesia. Wujudnya yang tampak elegan memang menjadi daya tarik tersendiri.

Namun, suguhan utama mobil ini berada di kabin belakangnya yang menyuguhkan kenyamanan berkendara sangat baik bagi penumpang.

Konsumen akan menjumpai jok model captain seat dengan berbagai macam fungsi di dalamnya. Misalnya, fungsi pemijat dan pengaturan suhu untuk memanjakan penumpang selama dalam perjalanan.

Bukan hanya itu, tapi ada beberapa fitur lain di dalam kabin mobil ini. Mulai dari panoramic roof, ambient light, hingga layar rear seat entertainment.

Ke depannya Alphard diprediksi masih bakal menjadi pilihan kendaraan bagi konsumen berduit yang kerap bepergian dengan ditemani supir pribadi.

Selanjutnya mari simak beberapa pertanyaan di internet tentang topik serupa.

Mobil Alphard Harganya Berapa?

Ketika ulasan ini dibuat pada September 2024, Alphard tersedia dalam enam pilihan varian dengan harga antara Rp1,407 miliar hingga Rp1,714 miliar.

Mobil Alphard dan Vellfire Lebih Mahal Mana?

Harga mobil Vellfire lebih mahal dengan rentang Rp1,844 miliar sampai Rp1,847 miliar sedangkan Alphard harganya antara Rp1,407 miliar hingga Rp1,714 miliar.

Berapa cc Alphard 2024?

Alphard 2024 menggunakan mesin dengan kapasitas 2.500 cc untuk semua variannya. Namun, untuk varian X dan G menggunakan mesin bensin biasa sedangkan varian HEV berupa mesin hybrid.

Baca juga: Intip Fitur All New Toyota Alphard, MPV untuk Orang Berduit

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

The post Mewah, Intip Kenyamanan Interior Toyota Alphard Hybrid first appeared on Carmudi Indonesia.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker